Pasific Pos.com
Papua Barat

Sawaki: Tingkat Kedisiplinan ASN Mulai Menurun

Manokwari, TP – Tingkat kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dinilai mulai menurun.

Hal ini disampaikan Plt. Sekda Provinsi Papua Barat, Jakonias Sawaki pada apel gabungan di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (16/7).

Pasalnya, diungkapkan Sawaki, dalam apel gabungan para beberapa Minggu terakhir ini, kehadiran ASN pada apel signifikan menurun, dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Bukan hanya disiplin, diungkapkan Sawaki, kepedulian ASN terhadap kebersihan lingkungan kantor, dan lingkungan area perkantoran Gubernur PApua Barat juga mulai menurun.

“Sebagai ASN yang baik, kita harus memperhatikan lingkungan ini agar selalu bersih karena itu tugas kita, OPD terkait segera buat surat untuk perintah kerja bhakti,” pinta Sawaki.

Ditegaskannya, jangan karena Pemerintah sudah memberikan kebijakan untuk memberlakukan pembayaran Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP), sehingga ASN mulai malas bekerja.

“Hanya datang absen terus pulang. Awalnya kita semua semangat kerana TPP ada, tetapi akhir-akhir ini saya lihat semangat itu mulai kendor lagi,” ungkap dia.

Untuk mengawasi hal itu, Sawaki meminta, Inspektorat Provinsi Papua Barat segera mengevaluasi kinerja dan kehadiran ASN, dan dilaporkan kepadanya untuk diteruskan kepada Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, guna mendapat penilaian.

Dia menambahkan, Inspektorat juga segera membentuk tim untuk memeriksa anggaran perjalanan dinas masing-masing OPD seperti petunjuk Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Bahkan, OPD terkait dalam hal ini Satpol-PP harus segera melakukan pengawasan kepada ASN yang hanya datang absen dan kemudian pulang.

“Ini sudah saya temukan, jadi kalau bisa Satpol-PP segera bangun portal di jalan belakang, supaya mereka tidak bisa pulang, kalau pulang lewat jalan depan pasti ketemu Gubernur atau pimpinan OPD,” jelas Sawaki.

Dirinya berharap, apa yang sudah disampaikan kepada ASN dan masing-masing OPD, agar dapat proaktif untuk menunjang tugas demi berjalannya roda pemerintahan yang baik. [BOM]