Pasific Pos.com
Headline Kriminal

Satu Penambang Tewas, Dua Luka Parah Diserang OTK

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito. (Foto : ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura – Satu orang penambang tewas dan dua orang luka parah, akibat diserang empat orang tak dikenal (OTK).

Keempat penambang ini diserang saat menambang di minning Kali Merah 89 di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua, pada Sabtu (12/02).

Kapolres Pegunungan Bintang Ajun Komisaris Besar Cahyo Sukarnito ketika dikonfirmasi pada Minggu pagi (13/02) membenarkan peristiwa tersebut.

“Terjadi penyerangan dan penganiayaan dengan menggunakan senjata tajam oleh OTK. Mereka sebanyak empat orang. Yang diserang penambang di Minning Kali Merah 89 yang bertempat di Kampung Kawe Distrik Awimbon Kabupaten Pegunungan Bintang yang mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua orang mengalami luka berat, ” ujarnya.

Adapun kronologis kejadian, sekitar pukul 12.00 WIT, para korban saat itu sedang bekerja di lokasi tambang, tiba-tiba datang OTK sebanyak empat orang dengan membawa alat tajam berupa parang.

“Mereka datang marah-marah dan menanyakan kepada korban kenapa kerja di sini, kemudian langsung melakukan penganiayaan dengan menggunakan parang,” katanya.

Saat itu juga ketiga korban berlari Terpencar, namun tetap dikejar oleh OTK sehingga mengakibatkan satu orang meninggal di lokasi.

“Diduga sementara korban meninggal kerena kehabisan darah, sedangkan kedua korban lainnya dalam keadaan selamat dengan mengalami luka berat akibat penganiayaan tersebut,” katanya.

Berdasarkan laporan dari kedua korban bahwa pelaku tersebut juga mengambil emas milik korban dan setelah kejadian tersebut para pelaku sebanyak empat orang kemudian pergi dari lokasi minning Kali Merah 89.
“Identitas korban yang meningal adalah Yusrianto, yang alami luka berat Herman dan Febrianto. Saat ini ketiga korban sudah berada di RSUD Tanah Merah Boven Digoel,” ujarnya.