Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Satpol PP Bakal Tertibkan Penjual di Depan Toko

“Walikota Undang 44 BUMN Pada Peresmian Pasar Mama Papua”

 

Jayapura,- Walikota Jayapura, DR.Benhur Tomi Mano,MM dijadwalkan akan meresmikan Pasar Mama-Mama Papua, Rabu (7/18/18). Persiapan untuk acara seremonial peresmian telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

“Dari Perum Damri dan juga beberapa Kementrian akan hadir, dan rencana peresmian setelah upacara di lapangan Lantamal X Jayapura, saya akan menuju ke sana untuk meresmikan pasar itu, sekaligus tanda tangan kesepakatan kerja sama pengelolaan pasar mama mama papua dan penggunaannya, akan hadir 44 BUMN, dari pusat yang ikut berpartisipasi membangun pasar itu, dan siap diresmikan.” Kata Walikota BTM kepada Wartawan di Kantor Walikota Jayapura usai mengikuti Ibadah Okumeme Senin (5/18/18).

Ia mengatakan diutamakan yang menjual di pasar tersebut adalah Mama-mama Papua yang berjualan di Pasar eks Kantor Penerangan itu yang kita utamakan untuk berjualan di situ.

“Dan juga saya harapkan mama-mama yang berjualan di Toko-toko panjang, emper-emper toko sejak pasar mulai dioperasikan saya akan perintahkan Kasat Pol PP Kota Jayapura untuk menertibkan semua, tidak ada lagi yang berjualan di sepanjang toko-toko tersebut, semuanya harus kita arahkan, kalau juga ada tempat di situ maka mama-mama penjual noken juga kami akan arahkan masuk ke pasar tersebut,” tegasnya.

Ia juga meminta agar pada kesempatan tersebut juga dilakukan pelantikan pengelola pasar mama-mama papua. ” Kami juga akan melibatkan Solpap juga yang selalu menemani mama-mama papua, mungkin pada saat itu juga kami akan melantik pengelola pasar mama-mama Papua, mungkin Solpap juga bisa masuk di salah satu untuk membantu Pemerintah Kota Jayapura dalam pengelolaan pasar itu.”

Walikota BTM menambahkan selain Solpap, masyarakat adat dari suku Hay dan juga Ireuw juga akan dilibatkan. “Kami harapkan mungkin dari Solpap dan juga pemilik hak ulayat bisa juga sebagai tenaga pengamanan disitu, bisa juga sebagai tenaga kebersihan di lokasi pasar mama-mama Papua yang kita resmikan tanggal 7 nanti.”katanya.

Di pasar tersebut juga akan menjadi tempat wisata dan juga akan menjadi tempat galeri Noken, dan juga untuk media yang berada di lantai 4. “Sudah disiapkan dan juga ada warung kopi di situ, suatu pusat wisata Kota Jayapura.”ucapnya.