Pasific Pos.com
Kriminal

Sat Pol Air Polresta Jayapura Gagalkan Penyelundupan Kulit Kayu Masohi dari PNG

Jayapura, – Satuan Polisi Perairan dan Udara, Polres Jayapura Kota berhasil menggagalkan penyeludupan 651 Kg kulit kayu masohi tanpa dilengkapi dokumen dari Papua Nugini, di Perairan Skow Yambe, Kamis (25/1/18) pagi.

Kasat Polairud Polres Jayapura Kota, AKP Simon Tiert, mengungkapkan upaya saat menggagalkan penyeludupan tersebut ketika anggota melakukan patroli rutin dan mencurigai sebuah long boat yang datang dari PNG menuju Jayapura, dan saat dilakukan pemeriksaan ternyata ada barang bawaan yang tidak dilegkapi dokumen lengkap.

“ada dua orang yang kami amankan terkait dengan penyeludupan 18 karung kulit kayu masohi yakni YN dan M,” ungkapnya, Kamis (25/1/18) sore.

Kata Simon, saat dilakukan penangkapan tidak ada upaya perlawanan dari keduanya dan selanjutnya barang bukti dan dua orang tersebut langsung diamankan di kantor Sat Pol Airud Polres Jayapura Kota.

“keduanya masih diamankan untuk dimintai keterangan, sementara barang bukti kami akan serahkan ke karantina serta Bea Cukai untuk diproses lebih lanjut,” ujarnya.

Dirinya pun menambahkan, dari keterangan kedua orang tersebut mengungkapkan, barang tersebut bukan miliknya melainkan milik CW warga Kota Jayapura.

“kalau YN hanya disuruh antarkan barang oleh CW sementara M hanya menumpang di longboat untuk ke Jayapura, dan sampai saat ini untuk CW yang merupakan pemilik barang, kami lagi lakukan pendalaman,” ujarnya.

Sementara itu salah satu staf Bea Cukai, Fatur Rahman mengungkapkan akan berkoordinasi dengan karantina kota Jayapura terkait dengan penyeludupan tersebut mengingat penyeludupan yang dilakukan merupakan kulit Kayu masohi.

“kami akan lakukan koordinasi dengan Bea Cukai, kalau untuk masalah ini kami akan tangani lantaran ratusan kilo kulit kayu tersebut tidak dilengkapi dokumen,” ungkapnya.