Pasific Pos.com
Papua Barat

SAR Manokwari Dapat Bantuan Kapal Negara Kumbakarna 244

Manokwari, TP – Kantor SAR Manokwari mendapat bantuan Kapal Negara (KN) SAR Kumbakarna 244 dari pusat. Kapal untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan itu, sekarang berlabuh di Pelabuhan Cokran, Sowi 1, Manokwari.

“Kapal ini kapal kedua. Mungkin jelajahnya kurang maksimal, makanya ditambah lagi dengan satu armada lagi,” kata Kepala Kantor SAR Manokwari, Ludi Yanto kepada para wartawan di Pelabuhan Cokran, Kamis (4/1/18).

Ia menerangkan, KN Kumbakarna 244 untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan di wilayah operasi Kantor SAR Manokwari, yang memiliki wilayah meliputi Manokwari, Wasior, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, dan Kabupaten Tambrauw.

“Menyadari wilayah perairan kita yang cukup luas ini, maka memang perlu armada ini untuk mendukung, merespon operasi pencarian kecelakaan di wilayah kita,” kata Yanto.

Diterangkannya, KN Kumbakarna 244 didesain khusus untuk melakukan pencarian dan pertolongan, mampu melaju dengan kecepatan hingga 30 knot per jam serta difasilitasi sarana pendukung pencarian dan pertolongan.

“Pokoknya seluruh persyaratan di atas kapal sesuai standar, tetapi ada juga kekhususan tersendiri dan keunggulannya yakni kecepatan kapal ini mampu 30 sampai 36 knot per jam,” katanya.

Kepala BPBD Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir menyambut baik kehadiran KN Kumbakarna 244. Menurutnya, kehadiran kapal ini bisa membantu pemerintah dalam penanganan bencana alam.

“Kapal ini merupakan bagian dari sistem penanggulangan bencana. Jika terjadi bencana, kapal ini melakukan upaya pencarian dan evakuasi. Kapal besar ini melengkapi upaya kita dalam hal penanggulangan bencana,” kata Ampnir.

Informasi yang dihimpun, KN Kumbakarna 244 berlayar dari Batam menuju Manokwari selama 4 hari 3 malam sejak 28 Desember 2017 dengan nahkoda Dalle W. Korwa. Kapal dengan panjang 40 meter ini juga dilengkapi skoci. [SDR-R1]