Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Sambut Natal, Mathea Mamoyao Berikan Puluhan Bingkisan Natal Kepada Warga Abepura

Anggota DPR Papua, Mathea Mamoyao, S. Sos memberikan bantuan kepada warga RT 02/RW 03, Distrik Abepura. (foto Tiara).

Jayapura – Dalam rangka menyambut perayaan Natal, Anggota DPR Papua, Mathea Mamoyao, S. Sos melakukan kunjungan kasih dan sekaligus membagikan bingkisan natal berupa telur, beras, minuman dan juga nasi kotak kepada ibu-ibu janda dan anak – anak yatim piatu serta para pemuda yang ada di RT 02/ RW 03, Kotaraja Vuria, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, pada Kamis 16 Desember 2021.

Adapun kegiatan ini dilakukan dalam rangka pengawasan Otsus sebagai wakil rakyat yang benar-benar peduli akan kebutuhan masyarakat kecil yang saat ini membutuhkan bantuan.

Selain memberikan bingkisan natal, pada kesempatan itu Mateha Mamoyao juga menerima aspirasi dari para pemuda setempat yang ingin mendirikan usaha mandiri yaitu Kopi atau sebuah Barista Kopi namun mereka terkendala dengan beberapa alat yang di butuhkan, seperti tenda dan alat pembuatan kopi miksnya.

Menanggapi hal itu, Mathea Mamoyao yang merupakan Anggota Komisi IV DPR Papua ini tak ingin menjanjikan apa apa terlebih dulu, akan tetapi semua aspirasi didengar dan ditampung yang kemudian nantinya akan dibicarakan kembali dengan stafnya.

“Terimakasih, saya sudah dengar keinginan adik-adik, tapi minta maaf sebelumnya saya belum bisa menjanjikan apa apa dulu saat ini, tapi usulan adik-adik ini kakak sudah dengar. Semoga Tuhan membantu saya untuk bisa memecahkan masalah masalah ini, sehingga saya juga dapat membantu masyarakat,” ucapnya.

“Jadi terkait usulan adik-adik itu, nanti saya bicarakan lagi dengan ibu RT yang mana beliau ini juga sebagai staf pribadi (Sepri) saya di kantor, untuk bagaimana mewujudkan keinginan dari adik-adik ini agar dapat mendirikan usaha mandiri dalam hal ini kedai Kopi, ” kata Mathea sapaan akrab wanita asal Komoro Kabupaten Mimika disel-sela kegiatan kunjungan kasih di RT 02/RW 03, Vuria Kotaraja, Distrik Abepura, Kamis siang 16 Desember 2021.

Selain itu, warga setempat juga berencana untuk menggelar natal bersama yang nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Desember 2021. Hanya saja, mereka terkendala dengan dana.

Sehingga pada kesempatan ini pula, mereka meminta ibu Mathea, sekiranya dapat mengulurkan sedikit berkat untuk pelaksanaan natal yang sudah direncakan itu.

“Sekali lagi, saya bersyukur kepada Tuhan, karena Tuhan telah memberikan tanggungjawab kepada saya untuk bisa membantu masyarakat. Kalau dari sisi politik sebenarnya ini bukan daerah pemilihan (dapil) saya, karena dapil saya itu di Mimika, tapi karena kasih Tuhan dan tanggungjawab Yesus yang diberikan kepada saya akhirnya saya pun melakukan ini semua. Semoga atas ijin Tuhan saya bisa kembali untuk membantu,” ungkap Mathea.

Bahkan, Politisi PDI Perjuangan ini sudah melakukan kunjungan kasih di beberapa tempat, baik yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Apa yang saya lakukan ini semata mata untuk membantu masyarakat dan saya tidak memandang orang ini dari suku mana atau agama mana. Baik Gereja maupun Masjid semua saya bantu semampu saya. Meskipun kami berbeda keyakinan tapi dalam Tuhan kita satu dan bersaudara. Saya hanya butuh doa dari kalian agar saya diberi kesehatan dan kekuatan sehingga saya bisa kembali berkumpul di tempat ini dengan ibu-ibu, bapak-bapak, dan adik-adik,” tuturnya.

Padahal kata Mathea masih ada beberapa tempat yang meminta dirinya untuk melakukan kunjungan yang sama, namun terbentur dengan kegiatan di kantor. Sementara beberapa hari kedepan ia pun harus berangkat ke Timika untuk merayakan natal bersama keluarga disana.

“Ini saja disela sela sidang paripurna saya curi -curi waktu dan saya meminta ijin untuk keluar sebentar agar dapat bertemu dengan bapak ibu dan adik adik disini dan sekaligus memberikan bingkisan natal.

Namun jangan dilihat dari nilainya dan seberapa banyak pemberian saya ini, tapi inilah bentuk rasa kepedualian saya dan perhatian saya kepada masyarakat, khususnya warga yang ada di RT 02/ RW 03 ini,” ujar Mathea Mamoyao.

Sementara itu, sebagai Ketua RT 02/RW 03 Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Marice Komamba menyampaikan terimakasih kepada ibu Mathea atas perhatiannya kepada warganya. Sebab ini untuk sekian kalinya ibu menyambangi warganya dan memberikan bantuan bama.

“Ibu Mathea, mempunyai tingkat kepedualian yang begitu besar, saya bersama warga disini kami menyambut ibu dengan suka cita dan kami merasa ini sebuah anugerah yang kami dapat dari Tuhan melalui ibu Mathea. Karena selama ini kami jarang mendapatkan hal hal seperti ini yang ibu lakukan di tempat kami ini,” kata Marice Komamba yang akrab disapa Mama Noel.

Kendati demikian, diakui jika warganya memang sempat mendapatkan bantuan dari pemerintah lewat kelurahan namun secara perhatian khusus seperti yang ibu Mathea lakukan itu belum ada, dan ini yang kedua kalinya terjadi ditempat ini dari ibu Mathea sendiri.

“Jadi, saya selaku ketua RT, mewakili warga sangat mengharapkan dengan adanya bantuan bantuan dari ibu Mathea untuk warga, ini dapat menjadi motivasi bagi pemerintah, yang mungkin juga bisa turun langsung ditengah masyarakat sekaligus mendengar keluhan masyarakat,” harapnya.

Dengan cara-cara yang dilakukan oleh ibu Mathea ini, diharapkan pemerintah juga dapat melakukan hal yang sama yakni menyentuh langsung dengan program program mereka terhadap masyarakat dan lingkungan dimana pemerintah punya wilayah kerja.

Bahkan tandas Marice, warga mengharapkan, bantuan yang ada ini bukan saja datang dari ibu Mathea tapi juga dari pemerintah, sebab dilingkungan RT 02/RW 03 ini ada banyak ibu ibu janda dan anak yatim piatu tapi juga pengangguran.

“Untuk itu, kami berharap pemerintah juga bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh ibu Mathea. Paling tidak keinginan dari pemuda ini untuk membuat satu kedai kopi, pemerintah bisa membantu itu, sehingga adik-adik ini ada kesibukan dan dapat membantu keluarga, dari pada membiarkan mereka menganggur,” pungkasnya. (Tiara).