Pasific Pos.com
Kriminal

Salah Satu Bandar Ganja Asal PNG Dibekuk

Jayapura, – AA (30) warga Negara Papua Nugini tidak berkutik saat diamankan tim Opsnal Sat Narkoba Polres Jayapura Kota saat berada di jalan perbatasan RI-PNG lantaran kedapatan memiliki 1,7 kilo ganja kering, Sabtu (3/7) lalu.

Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti ganja kring yang disimpan di dalam dua kantong kresek dan yang dikemas di dalam platik bening berukuran sedang sebanyak 37 paket.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas mengungkapkan pelaku ditangkap setelah menerima informasi lapangan bahwa akan ada transaksi ganja kering di seputaran perbatasan RI-PNG.

“setelah dilakukan penyidikan Tim Delta Polres Berhasil menangkap pelaku di Jalan perbatasan RI-PNG tepatnya di dekat tempat pembuangan sampah dimana tempat itu selama ini menjadi jalur masuknya ganja dari PNG,” tuturnya saat menggelar rilis di Mapolres Jayapura Kota, Rabu (7/3) sore.

Kata Gustaf dari hasil pemeriksaan sementara pelaku mengaku ganja tersebut tidak dijual melainkan akan dibarter dengan sebuah motor.

“pelaku AA merupakan Bandar besar yang selama ini berada di kampung Wutung, dan dimana transaksi pelaku hanya menerima barteran sepeda motor,”tuturnya.

Dirinya pun menambahkan sampai dengan saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan oleh penyidik Sat Narkoba POlres Jayapura Kota guna mengungkap bandar ganja lainnya yang ada.

“pelaku sudah mendekam di sel tahanan Polres untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dan sampai hari ini penyidik masih lakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Mantan Kapolres Jayapura ini pun menambahkan atas perbuatanya pelaku dijerat dengan pasal 111 ayat 1 UU nomor 35b tahun 2009 dengan ancaman 12 tahun penjara.