Pasific Pos.com
Papua Barat

Sabdono Wiryanto Jabat Dandim 1713 Kaimana

Manokwari, TP – Danrem 171 PVT, Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Dandim 1713 Kaimana, Letkol Inf. Wempi Ramandei kepada Letkol Inf. Sabdono Budi Wiryanto di Aula Praja Vira Tama, Sorong, Papua Barat, Rabu (10/1/18).

Dalam amanatnya, Danrem menjelaskan, sertijab merupakan sebuah peristiwa biasa, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi, sekaligus mengembangkan kemampuan perwira dalam dimensi kepemimpinan, manajerial, dan profesionalisme keprajuritan, dengan penugasan terencana, beragam, dan berjenjang.

Disebutkan Triyono, keberhasilan tugas manakala seorang pemimpin bisa melaksanakan pembinaan satuan secara berkesinambungan dan berlanjut. Selain itu, tambah dia, terencana, terkoordinir, dan terkontrol, sehingga satuan yang dipimpinnya memiliki kinerja optimal dengan menciptakan suasana keamanan yang baik di wilayahnya.

Ia menambahkan, dalam menghadapi tantangan tugas, dibutuhkan personil yang terampil, profesional, memiliki inisiatif, inovasi serta dedikasi tinggi yang berorientasi pada tugas pokok.

“Oleh sebab itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia harus terus dioptimalkan guna tercapainya tugas pokok satuan,” tegas Danrem dalam press release yang diterima Tabura Pos dari Penrem 171 PVT, Rabu (10/1/18).

Ditegaskannya, Kodim 1713 Kaimana sebagai salah satu satuan kewilayahan di jajaran Korem 171 PVT harus bisa melakukan koordinasi bersama seluruh komponen masyarakat melalui metode bhakti TNI dan komunikasi sosial guna mendukung terciptanya ketahanan wilayah yang kondusif.

Lanjut dia, hal ini sesuai tugas pokok Kodim 1713 Kaimana, yakni menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan, dan gelar kekuatan serta menyelenggarakan binter untuk menyiapkan wilayah pertahanan di wilayah daratan dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 171 PVT.

Triyono mengungkapkan, perkembangan situasi di wilayah Kodim 1713 Kaimana cukup kondusif, sejalan dengan pembangunan yang sedang dilaksanakan, sehingga pengamanan harus menjadi perhatian semua pihak, termasuk tugas Kodim 1713 Kaimana dalam pemberdayaan wilayah harus bisa berkoordinasi dengan pemda agar konsep pembangunan bisa sejalan dengan konsep pertahanan, menyiapkan potensi wilayah menjadi kekuatan pertahanan. [HEN-R1]