Pasific Pos.com
Papua Selatan

Saatnya Masyarakat PHBS Sejak Dini

MERAUKE,ARAFURA,- Sudah saatnya masyarakat Kabupaten Merauke menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak dini, sehingga terbentuk paradigma sehat dalam diri kita yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keluarga dan masyarakat baik makanan, pakaian, tempat tinggal dan pola hidup sehat dengan mencuci tangan sebelum makan sehingga terhindar dari penyakit.

Kepala Puskesmas Samkai, dr. Roike Dani Djou mengatakan tubuh yang sehat dimulai dari lingkungan keluarga. Jadi, lebih baik mencegah dari pada mengobati sehingga diharapkan masyarakat sedini mungkin menerapkan PHBS. Pihaknya juga akan terus melakukan penyuluhan ke sekolah maupun Posyandu sehingga masyarakat bisa memahami pentingnya PHBS.

“Kita juga akan terus melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan harapan mereka terbiasa membangun kebiasaan yang baik untuk kesehatannya, seperti mencuci tangan sebelum makan, menyikat gigi dan lainnya,” terangnya di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Ia menjelaskan tujuan dilakukan penyuluhan agar masyarakat lebih memahami pentingnya PHBS. Selain itu, manfaat yang dirasakan juga terciptanya menjaga kesehatan sejak dini sehingga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kegiatan PHBS tidak dapat terlaksana apabila tidak ada kesadaran dari seluruh anggota keluargaitu sendiri. PHBS harus diterapkan sedini mungkin agar menjadi kebiasaan positif dalam memilihara kesehatan.