Pasific Pos.com
Headline

Thermal Scanner Sudah Terpasang di 3 Bandara dan 1 PLBN

Thermal Scanner Sudah Terpasang di 3 Bandara dan 1 PLBN
dr. Aaron Rumanium,M.Kes

Jayapura, – Salah satu langkah yang diambil pemerintah untuk mencegah masuknya wabah Virus Corona ke Tanah Papua yakni dengan memasang Thermal Scanner (Pemindai Suhu-red) di beberapa bandara di Tanah Papua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum,M.Kes mengatakan, bandara yang dipasang thermal scanner adalah Bandar Udara Sentani, Bandara Udara Frans Kaisepo Biak, Bandar Udara Mopah Merauke dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.

“Sementara untuk bandara-bandara lainnya hanya menggunakan termometer infra merah,” kata dr Aaron Rumainum,M.Kes saat ditemui awak media di Gedung II kantor DPR Papua, Senin (9/3/20).

Menurut Aaron Rumainum, meskipun sudah memasang thermal scanner di pintu-pintu masuk, bukan berarti virus tersebut tidak bisa terdeteksi. Sebab thermal scanner hanya menjaring suhu badan di atas 38 derajat celcius.

“Satu hal yang perlu diingat kadang kala meskipun sudah terinveksi di Jakarta, ketika masuk ke Papua bisa saja tanpa gejala. Jadi jangan andalkan thermal scanner saja,” ujar dr Aaron Rumainum.

Untuk itu, dirinya menghimbau siapa saja yang baru datang dari Jakarta apalagi dalam kondisi batuk, pilek atau demam sebaiknya segera berobat ke puskesmas terdekat.

“Kami juga besok akan berbicara dengan otoritas bandara terkait bagaimana kartu kuning itu dibagikan ke setiap calon penumpang,” terangnya.

Artikel Terkait

Jika PON Diundur, Puslatprov Koni Papua Evaluasi Program Latihan

Bams

Tiga Tenaga Medis Positif Covid-19, Lima Kabupaten Masuk Zona Merah

Fani

Kapolda Papua Imbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik

Fani

Walau Hasilnya Negatif, Keluarga Pasien Covid Pertama di Papua Masih Dijauhi

Fani

Satgas Covid Papua Minta Bupati Mappi Umumkan Hasil PCR 21

Fani

SPSI Papua : Sesuai UU, Karyawan yang “Dirumahkan” Harus Tetap Dibayar

Zulkifli

Walikota Berikan Jaminan Bagi Warga Yang Menjalankan Karantina Mandiri

Fani

Pandemi Corona, REI Papua : Pembangunan Rumah Bersubsidi Berpotensi Terhambat

Zulkifli

Apindo Papua Sebut Dampak Pandemi Corona Tiga Bulan ke Depan

Zulkifli