Pasific Pos.com
Papua Selatan

Rutin Pantau Hasil Kerja Mama-Mama Asmat

Kedekatan Kapolres dengan anak-anak dan masyarakat Asmat binaan usai melakukan pemantauan (foto:iis)
‘Untung Sangaji : Produk Mulai Bagus, Mereka Punya Kemampuan’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Masih seputar cerita dari program home industri AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum sang Kapolres Merauke dengan sejuta ide brilian yang selalu berupaya memberdayakan masyarakat lokal setempat. Secara bertahap, dirinya terus melakukan pendekatan dengan masyarakat bahkan tidak kenal lelah menyambangi mereka secara langsung, apapun itu, semua cara akan ia tempuh demi peningkatan taraf hidup masyarakatnya yang lebih baik. Tidak hanya di Merauke, hal serupa sukses ia lakukan di daerah lain saat bertugas dulu sehingga tidak heran sosok pria yang satu ini selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

Untung Sangaji memang sosok polisi yang berbeda, ia menjalankan profesi sebagai seorang aparat dengan karakternya sendiri dan yang paling menonjol adalah kebiasaannya yang gemar berbagi dengan masyarakat dan tidak pelit berbagi ilmu kepada siapa saja sehingga ia dikenal sebagai sosok Kapolres yang multi talenta. Sebab tidak hanya di bidang home industri, Untung Sangaji juga piawai di bidang seni khususnya seni lukis. Namun tidak hanya itu saja, beberapa bidang lain juga ia kuasai sehingga kerap mendapatkan penghargaan, baik secara nasional maupun yang berkelas internasional. Pencapaian-pencapaian positif tersebut semakin memotivasi dirinya untuk terus peduli kepada sesama hingga saat ini. Upaya yang ia tempuh secara perlahan mulai menunjukkan hasil, salah satunya pelatihan pembuatan minyak goreng kelompok mama-mama Suku Asmat yang telah berlangsung sejak Senin lalu.

“Saya terus meneliti dan mengamati hasil produksi mama-mama Asmat yang sudah mulai bagus. Mereka ternyata memiliki kemampuan, hanya tinggal diasah agar lebih trampil dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Di sela-sela kesibukan sebagai polisi saya berupaya menyempatkan waktu menengok pekerjaan mereka di tenda home industri,”ujar Untung Sangaji kepada ARAFURA News usai menemui masyarakat binaannya kemarin. Tidak hanya menengok dan memeriksa hasil kerja mereka, ia kerap terlihat bermain dan bercanda bersama anak-anak di tenda tersebut sehingga suasana semakin ceria dan anak-anak semakin dekat dan akrab dengan sosok Kapolres Merauke ini.

Ia tidak segan-segan menggendong anak-anak tersebut bahkan sesekali membersihkan wajah mereka dengan tissue. Dengan dialek timurnya yang khas, Untung Sangaji dapat melebur dan diterima dengan baik oleh masyarakat yang sudah cukup lama merindukan sosok Kapolres yang sangat dekat dengan masyarakat. “Apa yang saya lakukan semua didasari rasa peduli dan ikhlas. Sebab kalau bukan kita yang peduli lalu siapa lagi,”pungkas Untung Sangaji mengakhiri wawancaranya dengan media ARAFURA News.

Artikel Terkait

Giliran Remaja Putri Asmat Dilatih Buat Kancing Baju

Arafura News

Dukung Penghasilan Warga, ‘Mama-Mama Asmat Dibuatkan Rekening Tabungan’

Arafura News

Sosok Seorang Paulus Waterpauw Di Mata Kapolres Merauke

Arafura News

Kapolres : Kalau Mabuk Pasti Saya Tangkap

Arafura News

Meski Pandemi Home Visit Tetap Digiatkan

Arafura News

27 Polisi Ikut Tes Bela Diri

Arafura News

Polres Merauke Gencar Cegah Penyebaran Covid

Arafura News

Home Industri Kapolres Merauke Makin Dikenal

Arafura News

Prihatin Dengan Masalah Pemalangan

Arafura News