Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Rumah Sakit di Papua Masih Kekurangan Alat Pelindung Diri

Pasien Positif Covid-19 di Papua Jadi 18 Orang
Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua akan melakukan pengadaan pengadaan alat pelindung diri (APD) untuk menangani kasus suspek virus Corona atau COVID-19.

Sebab, hingga kini stok APD di rumah sakit-rumah sakit di Provinsi Papua masih sangat kurang. Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule kepada wartawan di Jayapura, Rabu (18/03/2020).

Ia mengatakan, petugas kesehatan juga perlu kita lindungi, sehingga jika ada suspek Corona, maka petugas bisa bekerja dengan baik.

“APD memang saat ini kita tidak mudah dapatkan. Pemerintah Pusat sedang melakukan pengadaan, kita juga mengajukan. Kami membutuhkan kurang lebih lima ribu untuk didistribusikan ke Rumah Sakit Regional, yaitu Biak, Nabire, Merauke dan Wamena.

“kebutuhan APD untuk rumah sakit di Papua sekitar lima ribu sesuai dengan hasil pertemuan Dinas Kesehatan bersama Wakil Gubernur, Kapolda Papua Pol. Drs. Paulus Waterpauw dan stakeholder lainnya,”katanya.

Sumule menjelaskan, saat ini Alat Pelindung Diri (APD) yang ada sekitar 30 dan semua sudah di distribusikan, lalu yang sedang dalam proses pengiriman ada sebanyak 250 dan akan di distribusikan ke beberapa rumah sakit.

“Semua kabupaten itu membutuhkan APD tetapi pada prinsipnya, kami di provinsi tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhannya, kami berharap seluruh kabupaten juga harus menyiapkan APD sendiri,” ujarnya.

Artikel Terkait

Dinkes Papua Latih 4.000 Tenaga vaksinator

Bams

Peserta Peresmian Venue PON Wajib Miliki Kartu Bebas Covid-19

Bams

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Fani

Dinkes Papua Turunkan Tim Covid-19 Ke Kawe Boven Digoel

Fani

Menuju Era New Normal, Dinkes Papua Terapkan 5 Hal Wajib Bagi Masyarakat

Fani

4 Pasien Positif Covid di Keerom Sembuh

Bams

Dua Petugas Kesehatan di Kota Jayapura Terpapar Covid-19

Bams

Bertambah Lagi, Kasus Positif Corona di Papua Jadi 619 Orang

Bams

Angka Positif di Papua Jadi 568 Kasus, 18 Orang Sembuh

Bams