Pasific Pos.com
Papua Selatan

Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah, Klarifikasi Terkait Alsintan Aspirasi

Sulthan selaku staf Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Sulthan selaku staf Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah yang bertugas untuk pengusulan dan penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) aspirasi Anggota DPR RI Fraksi NasDem H. Sulaeman L. Hamzah di Kabupaten Merauke memberikan klarifikasi atas pemberitaan yang menyatakan bahwa Partai NasDem melalui Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah diduga menarik pungutan biaya dari bantuan Alsintan Combine Harvester yang sudah diberikan bagi kelompok tani yang ada di Kampung Waninggap Kay Distrik Semangga.

Sultan menjelaskan bahwa Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah tidak pernah menarik pungutan biaya dari bantuan Alsintan yang sudah diberikan untuk kepentingan Partai NasDem atau kepentingan Rumah Aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah. Terkait dengan retribusi atau uang sewa yang dibebankan kepada masyarakat, Sultan menjelaskan bahwa biaya tersebut digunakan untuk biaya operasional mesin pertanian yang digunakan seperti pembelian bahan bakar, upah operator, pemeliharaan dan perbaikan mesin jika terjadi kerusakan.

Semuanya dikelola oleh kelompok tani yang menerima. “Kami yakin masyarakat bisa memahami akan kondisi tersebut. Kami juga menyarankan kepada kelompok tani penerima agar uang sewa yang dibebankan kepada para petani di bawah harga rata-rata yang ada yaitu sebesar 1.500.000/ha. Jadi itu jelas membantu petani karena lebih murah. Jika ada uang yang sisa setelah dipotong biaya operasional dan pemeliharaan mesin, kami menyarankan dan membolehkan agar uang tersebut dapat digunakan untuk kepentingan umum atau kegiatan sosial bagi masyarakat setempat seperti bantuan rumah ibadah atau perbaikan jalan kampung dan lain-lain,”ujarnya di Rumah Aspirasi kemarin.

Pada prinsipnya yang penting untuk kepentingan umum karena pihaknya juga harus melayani masyarakat. Ia juga meluruskan terkait dengan pemberitaan yang menyebutkan bahwa Alsintan yang didistribusikan tersebut adalah dana aspirasi semua partai, hal tersebut adalah pemahaman yang keliru. Alsintan seperti yang diberikan kepada kelompok tani di Waninggap Kay adalah bantuan Alsintan aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Papua. Beliau yang memperjuangkan agar Alsintan tersebut dapat tersalurkan kepada kelompok tani di Papua yang membutuhkan. “Kami sadar bahwa apa yang sedang kami perjuangkan untuk masyarakat masih terdapat kekurangan, tapi kami juga yakin bahwa masyarakat khususnya petani sudah merasakan banyak manfaat atas perjuangan yang sudah kami lakukan sebagai upaya untuk memperjuangkan kesejahteraan dan peningkatan produktivitas bagi para petani,” pungkas Sultan.

Artikel Terkait

Lantik Pengurus Komunitas Explore Merauke

Arafura News

Papua Muda Inspiratif, Rangkul Anak Muda Berpotensi

Arafura News

Tingkatkan Kepercayaan Diri, Pemuda Papua Dapat Materi Public Speaking

Arafura News

Ustad Abdul Kadir : Pemberian Bantuan Wujud Perjuangan Sulaeman Hamzah

Arafura News

Di Seminar Kewirausaahan, Billy Mambrassar Beri Motivasi Kepada Keluarga Besar STAK

Arafura News

Lindungi Keanekaragaman Hayati Dengan Pembentukan Forum

Arafura News

Potensi Kekayaan Intelektual Dari Merauke Penting Didaftarkan

Arafura News

Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban, ‘KSU Primer Perkebunan Sawit Mandobo Sejahtera Gelar RAT’

Arafura News

Merauke Fish Community, Wadahnya Para Pecinta Ikan

Arafura News