Pasific Pos.com
Papua Barat

Rodesaman : Humas PN Manokwari Selama Ini Transparan

Manokwari, TP – Pengadilan Negeri (PN) Manokwari tidak pernah tertutup kepada para pihak pencari keadilan, baik masyarakat, jaksa, pengacara, press, maupun pihak lainnya yang ingin mencari data terkiat kasus yang sedang berproses di PN Manokwari.

Hal ini, ditegaskan, Hubungan Masyarakat (Humas) PN Manokwari, Rodesman Arianto, SH menanggapi adanya pernyataan bahwa Humas PN Manokwari tidak transparan publikasi sejumlah kasus.

“Selaku Humas PN Manokwari saya tidak pernah tertutup terhadap keterbukaan informasi publik dan saya tidak mempersulit siapapun, baik masyarakat pencari keadilan, jaksa, pengacara, perss, atau ada pihak-pihak yang menanyakan perkaranya yang sedang diproses,” kata Rodesman kepada Tabura Pos di PN Manokwari, Selasa (3/7).

Dikatakannya, pada prinsipnya data-data yang diminta para pihak pencari keadilan akan di skroscek untuk memastikan kebenarannya. Sehingga, data yang diberikan PN Manokwari kepada para pihak pencari keadilan adalah data yang valid sebagaimana mestinya.

Lebih lanjut, kata dia, kalau data yang diminta dan kalau bisa segera diberikan pasti langsung data tersebut diberikan kepada para pencari keadilan.

“Selama ini kalau ada data yang diminta dan data itu ada, maka langsung diberikan, tetapi kalau data yang membutuhkan waktu dan tidak bisa langsung diberikan, maka kami membutuhkan waktu untuk mencari data tersebut,” terangnya.

Ia membenarkan, memang ada sistem komputerisasi dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), namun jika data yang dibutuhkan atau yang diminta para pencari keadilan tersebut tidak bisa langsung diberikan, maka diperlukan waktu untuk mencari data-data tersebut.

Sebab, kata dia, ada data yang dicarai dengan membutuhkan untuk memastikan data tersebut valid dan akurat. Sehingga, data yang dikeluarkan Humas PN Manokwari tidak merugikan pihak lain, tandasnya. [FSM]