Pasific Pos.com
Kriminal

Ritual Bakar Darah Sempat Membuat Masyarakat Kamkey Panik

 

Jayapura, – Ritual adat bakar darah korban penikaman oleh keluarga korban di jalan Nuri Selasa (30/1/18) sempat membuat masyarakat sekitar kamkey, distrik Abepura.

Ritual adat bakar darah ini dilakukan oleh keluarga korban penikaman, Laurens Mosip. Laurens Mosip ditemukan meninggal dunia Senin (29/1/18) malam, sekitar pukul 22.15 WIT di Jln. Nuri Kali Acai/depan perumahan Vila Erante.

Selasa sore sekitar pukul 17.00 WIT massa dan keluarga korban sekitar 50 orang dari BTN Puskopad Atas tiba di pertigaan jalan masuk BTN Bawah dan sempat dihadang oleh aparat Kepolisian dikarenakan massa membawa senjata tajam panah dan busur serta parang.

Setelah bernegoisasi, massa dengan pengawalan aparat kepolisian menuju ke tempat kejadian perkara (TKP) meninggalnya almarhum di jalan Nuri .

Saat ritual ini berlangsung, aparat Kepolisian menghimbau kepada warga agar tetap berada di dalam rumah dan tidak terpancing situasi.

Setiba di lokasi TKP, massa melakukan ritual adat bakar darah bekas darah korban dengan menggunakan kayu. Selanjutnya massa berdoa di tempat meninggalnya korban.

Sementara itu kepanikan dan keresahan tampak di kalangan masyarakat Kamkey. Toko toko ditutup, bahkan POM bensin pun menutup pagarnya dan tidak melayani pembelian. Kemacetan panjang pun terjadi.