Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ribuan Botol Miras Ilegal Dimusnahkan

MERAUKE,ARAFURA,- Ribuan botol Minuman Keras (Miras) hasil operasi mantap praja matoa 2018, operasi ketupat matoa 2018, operasi angkutan lebaran dan haisl operasi cipta kondisi Tahun 2018 dimusnahkan, Kamis (5/7) di Areal Pelabuhan Laut Merauke. Selain Miras pabrikan, ikut juga dimusnahkan Miras lokal jenis sopi baik yang dikemas dalam botol maupun jerigen.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke, AKP Horas Nababan, mengatakan pihaknya bersama instansi terkait terus melakukan upaya pengawasan dengan menggelar razia baik di pelabuhan besar maupun di Pelabuhan Kelapa Lima. “Mudah-mudahan untuk lima bulan kedepan, dalam rangka natal tahun baru ini tidak terulang kembali,”ungkapnya.

Barang bukti yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil dari berbagai operasi yang telah dilaksanakan, dan ada juga hasil operasi yang dilaksanakan Polres Merauke bersama Polsek Merauke Kota. Kegiatan pemusnahan ini dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 72 Tahun 2018.

Hal senada juga dikemukakan Kabag Sumda Polres Merauke, Kompol Riyanto. Menurutnya, Miras itu tidak ada manfaatnya dan sangat berbahaya untuk kesehatan sehingga diharapkaan masyarakat jangan lagi mengkonsumsi Miras baik yang produksi pabrik maupun Miras lokal.

Ia juga berharap, pihak terkait khususnya yang ada di kawasan pelabuhan untuk terus bersama-sama melakukan pengawasan terkait peredaran Miras illegal. Apalagi pengawasan ini juga ada kaitannya dengan situasi di daerah pedalaman, dimana jika pengiriman Miras ini bisa dicegah maka situasinya juga akan lebih kondusif.

Adapun Miras yang dimusnahkan terdiri dari Miras jenis vodka sebanyak 1.065 botol, Robinson 48 botol, sopi 468 botol dan sebelas jerigen sopi berbagai ukuran. Pemusnahan dilakukan dengan cara menuangkan Miras ke dalam lubang yang telah disiapkan, dan untuk Miras pabrikan langsung dipecahkan dengan botolnya.