Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Reshuffle OPD Pemkot Jayapura Masih Dalam Tahap Survei

 

JAYAPURA, – Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, Selasa (23/1/18) mengatakan, reshuffle atau pergantian pejabat pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura masih dalam tahap proses survei.

“Survei ini dilakukan dengan melihat kinerja masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura,” kata Rustan di Kantor Wali Kota Jayapura.

Dalam pelaksaan surfei, Pemerintah Kota Jayapura membentuk tim fit and proper test atau uji kepatuhan dan kelayakan masing-masing pimpinan OPD.

“Meraka (tim fit and proper test) lagi cari, mana pimpinan OPD yang kerja atau tidak. Pasti ada pejabat yang dirotasi,” kata Rustan.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pimpinan OPD tidak perlu takut bila merasa sudah membuat perubahan, inovasi di Kota Jayapura selama masa jabatan.

“Tidak usah takut. Kalau hanya menghabiskan APBD maka dalam hatinya dia takut sehingga merasa dilengser,” kata Benhur.

Terkait reshuffle pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura, Benhur mengatakan, dirinya pertama kali mendapatkan surat terkait hal dimaksud.

Surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang diterima Wali Kota Benhur Tomi Mano tertanggal 12 Januari 2018. Surat tersebut terkait rekomendasi rencana seleksi terbuka dan rotasi di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura.

“Untuk pelaksaan uji kompetensi dan pelaksaan seleksi terbuka. Untuk itu Badan Kepegawaian dan Pelatihan segera mengatur agar dua tahapan itu bisa berjalan. OPD yang saat masih menjabat masih Plt (pelaksana tugas), tapi bisa ikut seleksi juga,” kata Benhur.