Pasific Pos.com
Papua Selatan

Rayakan Hari Pers Di Masa Pandemi

Dua wartawan senior, Felix Hursepuny dan Jack Resubun saat menyampaikan sambutan (foto:iis)
‘Wartawan Merauke Diminta Tetap Solid’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Sejumlah tamu undangan penting menghadiri acara syukuran peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di RKD yang digelar oleh komunitas wartawan Merauke kemarin. Nampak hadir sejumlah wartawan senior dari berbagai media, Kepala LPP RRI, Kapolres Merauke, Dandim, Kapenrem, pengusaha dan mitra humas dari berbagai instansi yang ada di Merauke. Dalam kesempatan itu wartawan senior, Felix Hursepuny yang pernah menjabat Ketua PWI Merauke selama 2 periode mengemukakan bahwa peringatan Hari Pers tahun ini dilakukan dalam kondisi yang berbeda karena berada pada situasi pandemi.

Namun begitu, pers di Kota Rusa mampu untuk bangkit dan solid hingga saat ini. Ia sempat menceritakan tentang suka duka ketika mengawali karir sebagai jurnalis di wilayah selatan dan belum terjadi pemekaran wilayah seperti sekarang. Ruang gerak pers saat itu dengan keterbatasan yang ada tetap berupaya untuk ikut membangun wilayah selatan. Saat itu media juga masih sangat sedikit, sangat berbeda dengan era sekarang dimana mulai banyak media yang bermunculan. “Namun dengan motivasi yang tinggi dan gebrakan yang ada sehingga hadirlah Koran ARAFURA News yang masih eksis hingga sekarang dan sudah menuju usia 18 tahun. Begitu banyak media yang hadir bahkan sempat terjadi pasang surut.

Namun kami bersyukur karena ARAFURA News bisa bertahan sampai saat ini sebagai media lokal harian di tanah ini. Saya berharap rekan-rekan media tetap kompak dan bersinergi dalam ikut membangun Kota Merauke,”jelas pria yang juga Pemimpin Umum Harian ARAFURA News. Sementara itu Istya Sari Utami, wartawan Koran Harian ARAFURA News menyampaikan bahwa setelah cukup lama vacum akhirnya pers Merauke dapat kembali mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun ini.

Kegiatan lebih difokuskan pada aksi sosial mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19. Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan semua mitra dan sinergitas yang selama ini telah terjalin termasuk dukungan dalam memperingati Hari Pers. “Selama ini kami sering meliput berbagai kegiatan sosial yang dilakukan sejumlah instansi hingga kalangan TNI POLRI sehingga kami menjadi terinspirasi untuk dapat melakukan hal yang sama mengingat masih banyak masyarakat yang membutuhkan perhatian.

Jadi mengapa tidak, dari kalangan pers juga menunjukkan kepedulian kepada sesama di samping tetap fokus dengan aktifitas dan tanggung jawab dalam pemberitaan,”ujarnya. Pada kesempatan yang sama, Kepala LPP RRI Merauke, Ir.Mochamad Bugi Hidayat, M.Si mengemukakan bahwa momentum Hari Pers menjadi jembatan pemerintah untuk memberikan hal-hal terbaik guna menangkal berita-berita hoax terutama di masa pandemi. Berdasarkan survey, Indonesia adalah negara dengan pemilik media massa terbesar di dunia. Terlebih lagi di era digitalisasi, era tanpa batas dimana informasi dapat diakses di seluruh dunia. Insan pers sebagai mitra pemerintah dan untuk RRI sendiri sekarang dikenal sebagai lembaga penyiaran publik sehingga hak-hak publik harus dipenuhi.

Artikel Terkait

Hari Pers Nasional, Kapolres Jayapura : Sinergitas Polri dan Media Harus Tetap Solid

Jems

Yusup Maulana : Insan Pers, Mitra Yang Selalu Ada

Arafura News

Di Momen Hari Pers Nasional, ‘Danrem Dan Kapolres Titip Pesan Untuk Jurnalis Merauke’

Arafura News

Dilibatkan Kepolisian Dalam Kegiatan Sosial, ‘Wartawan Merauke Beri Apresiasi’

Arafura News

Peringati Hari Juang TNI AD, Kodam Cenderawasih Berikan Bingkisan Kepada Pers

Bams

Supriyanto : Wartawan Adalah Corong Dan Perpanjangan Tangan

Arafura News

Sebagai Penghubung Komunikasi BPJS Kesehatan Dan Masyarakat, ‘Pers Berperan Penting’

Arafura News

Wartawan Lokal yang Daftar Liputan PON Masih Minim

Tiara

Gelar Raker Bersama Insan Pers, ‘Jajaran Imigrasi Jalin Kerja Sama Dengan Media’

Arafura News