Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Ratusan Pemuda Lintas Agama Gelar Pawai Peduli Kerukunan

Guna Sambut Hari Raya Idul Fitri 1439H dan Hari Jadi PT Semuwa Group ke-10

 

SENTANI – Sekitar 300 pemuda-pemudi lintas agama yang tergabung dalam Pemuda-pemudi Peduli Kerukunan di Kabupaten Jayapura menggelar pawai peduli kerukunan.

Mereka menggelar pawai untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018 M dan hari jadinya P.T. Semuwa Group ke-10 tahun yang sudah berkarya di Tanah Papua.

Pawai yang digelar di Kota Sentani ini juga mengambil titik start dari pelataran parkir Hotel Merbau dan finish di Masjid Agung Al-Aqsha Sentani untuk memperingati pencanangan zona integritas kerukunan di Kabupaten Jayapura yang ke-3 tahun.

Kegembiraan para peserta tampak ketika mengikuti pawai peduli kerukunan di Kabupaten Jayapura. Salah satu peserta pawai, Tinus Yigibalom (19) mengaku senang dengan berjalan kaki beramai-ramai dengan pemuda-pemudi dari lintas agama untuk memperingati pencanangan zona integritas kerukunan yang baru pertama kali diikutinya.

“Saya sangat senang sekali, karena saya baru pertama kali ikut pawai ini, ramai sekali dengan hadirnya pemuda-pemudi lintas agama, tutur pria yang akrab disapa Tinus yang merupakan pemuda Gereja.

Sementara itu, Ketua Panitia Pawai Peduli Kerukunan, Marshall Suebu mengatakan, pawai kerukunan ini di lakukan untuk menggerakkan dan juga menghidupkan kembali nuansa kerukunan di Bumi Khenambay Umbay.

Jadi, intinya adalah di Kabupaten Jayapura dan khususnya di Kota Sentani, kita ingin menggalakkan serta menumbuhkan kerukunan. Kerukunan ini bukan hanya kerukunan antar agama saja. Tetapi, juga kerukunan untuk suku, ras dan antar golongan, katanya disela-sela kegiatan.

Menurut Marshall, dengan adanya pawai kerukunan tersebut diharapkan dapat menghilangkan dan juga menggugurkan sekat-sekat yang dibangun oleh orang-orang yang tidak mencintai kerukunan.

Karena kerukunan ini ajaran semua agama dalam kitab sucinya, baik Kristen, Muslim, Hindu, Katholik dan Buddha. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menjaga kedamaian dan cinta kash antar sesama ummat manusia, ajaknya.

Selain itu, pria yang juga aktivis lingkungan ini menambahkan agar pawai kerukunan ini dapat di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan keluarga, lingkungan tempat kerja dan dimana saja kita berada.

Dengan kerukunan kita bisa melakukan apa saja, dengan kerukunan kita bisa berprestasi serta dengan kerukunan kita bisa perkuat iman ketakwaan kepada Tuhan Yang maha Esa, tukasnya.

Senada dengan hal itu ditempat yang sama, Direktur Utama (Dirut) P.T. Semuwa Group, H. Wagus Hidayat menyatakan, dengan pawai peduli kerukunan yang dilakukan oleh pihaknya ini dapat menggerakkan rekan-rekan yang lain untuk berkarya di Tanah Papua.

Harapannya, kami bisa menjadi pionir bagi tema-teman lain untuk berkarya dengan menggemakan dan juga menggaungkan kerukunan antara umat beragama di Papua, paparnya.

Untuk itu, pria yang akrab disapa H. Dayat ini mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk saling bergandeng tangan guna menciptakan kerukunan umat beragama.
Dikarenakan kerukunan itu sangat penting di dalam kehidupan bermasyarakat, ujarnya.

Pawai peduli kerukunan ini diakhir dengan acara buka puasa bersama, penyerahan I unit mobil operasional kepada Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh dan 2 unit mobil ambulans masing-masing kepada Gereja Katholik Paroki Sang Penebus Sentani dan masyarakat Taja-Kaureh serta penandatanganan komitmen bersama menjaga pencanangan zona integritas kerukunan di Kabupaten Jayapura.