Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Ratusan Imam Diosesan Regio Papua Akan Adakan “TUR”

Timika – Sebanyak seratusan Imam Diosesan (Projo) Katolik di lima Keuskupan yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat akan menggelar Temu Unio Regio (TUR) Papua di Timika, Kabupaten Mimika pada 9 – 16 Juli mendatang.

Penghubung Unio Regio Papua, dan juga sebagai Ketua Unio Gereja Katolik Keuskupan Timika, Pastor Domin D Hodo Pr, di Timika, Rabu (4/7) mengatakan, kegiatan TUR Papua yang kelima 2018 merupakan kegiatan rutin dua tahunan para imam Diosesan yang berkarya di lima Keuskupan yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Jadi ada lima Keuskupan yaitu Timika, Jayapura, Agats, Merauke dan Manokwari – Sorong. Semua imam Projo di wilayah lima keuskupan ini akan mengikuti agenda dua tahunan ini di Timika pekan depan,” kata Pastor Domin.

Domin menjelaskan pertemuan rutin dua tahunan yang akan digelar selama sepekan tersebut akan menggumuli tema besar yaitu Imam Beraroma Tungku Api, dengan sub temanya, Imam Projo Papua bersama umat dalam semangat gerakan tungku api keluarga sebagai gerakan penyelamatan manusia dan alam Papua menuju Gereja yang solider dengan duka dan kecemasan umat manusia di tengah Pluralisme.

Tema tersebut menurut Pastor Domin untuk mendukung Gerakan Tungku Api yang dicetus Uskup Keuskupan Timika, Mgr. Jhon Philip Saklil ketika menjabat sebagai Ketua PSE KWI dan telah dibahas oleh kelima Uskup di Papua sebagai gerakan bersama di masing-masing wilayah pelayanannya.

Ia menjelaskan Gerakan Tungku Api bertujuan untuk melindungi masyarakat, secara khusus masyarakat adat orang asli Papua untuk memiliki upaya dalam menghidupi kehidupan mereka dengan semangat dalam mengusahakan kesejahteraan hidup mereka.

Untuk itu kata Domin, pada pertemuan tersebut panitia penyelenggara akan menghadirkan dua narasumber utama yaitu Uskup Keuskupan Timika Mgr Jhon dan Ketua STFT Fajar Timur, Pastor Dr. Neles Tebai yang juga ssebagai animator dalam kegiatan tersebut.

“Setelah tema ini dibahas, pada hari terakhir pertemuan ada pernyataan sikap bersama dan deklarasi Gerakan Tungku Api sebagai gerakan imam Projo di Papua dan Papua Barat,” ucapnya.