Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Rapat Percepatan Pengoperasian Pasar Mama-mama Papua

 

JAYAPURA, – Pemerintah Kota Jayapura, DPRD, DPRP, TNI, Polri, Telkom dan Manajemen Damri Area Papua Maluku, menggelar rapat percepatan pengoperasian pasar mama-mama Papua di ruang rapat Wali Kota Jaypura, Jumat (9/2/18).

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan permasalahan hingga belum dioperasikannya pasar yang berlokasi di jalan percetakan negara atau tepat di depan hotel Aston Jayapura tersebut karena terkendala pada hibah.

“Mencari buntut belum beroperasinya pasar mama Papua. Kami minta ketegasan MoU dengan Telkom untuk masuk pasar dan ketegasan dari Damri atas hak pengelolaan pasar sepenuhnya kepada Pemkot,” kata Benhur.

Pembangunan pasar mama-mama Papua yang dilakukan saejak 30 April 2016 ini, dibangun 4,5 lantai berdiri megah di bekas terminal Damri menelan dana Rp 30 miliar menggunakan dana APBN oleh Presiden Joko Widodo.

“Harus saling bersinergi karena semuanya bermuara untuk rakyat. Kalau bisa 7 Maret 2018 yang bertepatan dengan HUT 108 Kota Jayapura, pasar ini sudah bisa digunakan karena sudah dilakukan perjanjian pengelolaan dan peresmian pasar mama-mama Papua,” kata Benhur.

“Saya harapkan dengan pasar ini selesai tidak ada lagi yang jualan di emperan toko. Saya minta juga ada lapak khusus penjual noken dan perhatian dari penjual Port Numbay,” kata Benhur.

Manajer Divisi Regional Perum Damri Area Papua Maluku, Ferdik Sakona mengatakan sebanyak 23 BUMN sudah hibahkan pasar dimaksud kepada Damri dan siap mendukung agar pengoperasian pasar dipercepat.

“Sementara proses tanda tangan di Jakarta dari semua BUMN yang menangani itu. Kami terus berusaha dan berodoa semoga tidak ada halangan,” kata Ferdik.