Pasific Pos.com
Papua Selatan

Rapat Paripurna Berakhir, Ketua Dewan Himbau Sejumlah Hal Penting

MERAUKE,ARAFURA,-Terkait dengan berakhirnya tahun anggaran 2019 dan disetujuinya raperda tentang APBD tahun 2020 maka Ketua DPRD Merauke, Benjamin Izaac R.Latumahina menyampaikan beberapa himbauan penting, di antaranya bersatu padu mendukung Provinsi Papua Selatan dan memberikan informasi yang positif kepada semua masyarakat tentang pentingnya Papua Selatan menjadi provinsi, menghimbau kepada seluruh pemangku kebijakan dilingkungan pemerintah daerah untuk melakukan tertib administrasi kegiatan tahun anggaran 2019 dan  kepada pihak ketiga, agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik sesuai ketentuan yang diselesaikan dan waktu, tepat berlaku sebagaimana yang direncanakan dengan tidak mengenyampingkan kualitas pekerjaan.

Ia juga menghimbau kepada pimpinan parpol agar dapat berperan aktif mensukseskan jalannya pemilihan bupati dan wakil bupati melalui konsolidasi partai politik yang bertanggung terjadinya jawab guna menghindari benturan ditengah masyarakat. “Saya menyampaikan kepada KPUD dan Bawaslu Kabupaten Merauke agar menjadi panitia pesta demokrasi yang baik dan bijak demi semakin terciptanya partisipasi masyarakat yang tinggi, suasana pemilih yang kondusif sehingga memberikan terciptanya suasana yang aman dan demokratis di Kabupaten Merauke,”harapnya pada penutupan rapat paripurna dalam rangka pembahasan dan penetapan raperda non APBD dan APBD Kabupaten Merauke Tahun Anggaran 2020 di gedung DPRD Merauke Jumat lalu.

Selanjutnya ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Merauke dalam menyambut pesta olah raga nasional yang ke xx di tahun 2020 di Provinsi Papua, dimana Merauke sebagai salah satu kabupaten penyelenggara beberapa event cabang olah raga, maka semua pihak diminta menjaga keindahan lingkungan dan ketertiban masyarakat. “Jadilah tuan rumah yang ramah terhadap duta- duta olah raga dari berbagai daerah di Indonesia. Memasuki Bulan Desember, saya sebagai pimpinan dewan mengucapkan selamat memasuki masa Advent bagi umat Kristiani di Kabupaten Merauke. Marilah kita sebagai umat beragama untuk saling menjaga dan menghargai toleransi antar umat beragama dalam menciptakan suasana yang rukun, aman dan kondusif.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pada sidang paripurna saat ini terdapat 2 (dua) agenda pembahasan, dewan telah menetapkan dengan keputusan sebanyak 5 (lima) peraturan daerah non APBD dan 1 (satu) peraturan dewan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020. sebagaimana yang oleh dilaporkan badan pembentukan peraturan daerah telah bahwa ditetapkan sebanyak 16 (enam belas) raperda yang terdiri dari 7 (tujuh) raperda inisiatif dewan (sembilan) raperda dan usulan 9 pemerintah sebagai program bapemperda untuk dibahas pada tahun 2020.

Terhadap penetapan APBD saat ini, akan dilakukan evaluasi dan konsultasi ke pemerintah atasan, ia berharap setelah hasil evaluasi pemerintah dapat dengan segera melakukan persiapan yang berkaitan dengan dokumen-dokumen, sehingga pelaksanaan kegiatan APBD tahun 2020 dapat berlangsung sesuai kalender anggaran yang telah ditetapkan terutama terhadap program kegiatan yang berhubungan langsung dengan hajat hidup masyarakat banyak.