Pasific Pos.com
Headline

Rakor KPU Waropen, Jelang Pendaftaran

Rakor-KPU-Persiapan-Pendaftaran
Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Kantor KPUD Waropen, Rabu (3/9/20)

Waropen- Memasuki tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati pada pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Waropen melaksanakan Rapat Koordinasi (rakor) bersama Partai Politik (Parpol),Perwakilan Calon Perseorangan, TNI, Polri , Bawaslu, dan Pemerintah Daerah, di ruang rapat kantor KPU Waropen di Nonomi Waren malam kemarin, rabu (2/9/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Waropen AKBP Suhadak, Perwirah Penghubung Kodim 1709 Yawa Mayor Inf. Imade Anjaya, Ketua Bawaslu Marice Nike, Asisten I Pemerintahan Jaelani, Kepala dinas kesehatan Martinus Serarawani, Perwakilan Parpol dan Perwakilan Calon Perseorangan.

Komisioner KPU Waropen, Alexander Wopari mengatakan, pendaftaran akan berlangsung pada tanggal 4-6 September 2020, dilaksanakannya rakor ini bersama pihak terkait, agar dalam proses pendataran dan tahapan lainnya berjalan dengan lancar, tertip dan aman.

“kita melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh partai politik dan pihak terkait, walaupun sebagian besar partai politik tidak hadir, tetapi KPU akan menyapaikan kepada Parpol maupun perseorangan melalui surat hasil dari rakor yang dilaksanakan hari ini.

Ia juga mengatakan bahwa selain membahas tentang kesiapan pendaftaran, KPU juga menyampaikan kepada Parpol dan Calon Perseorangan terkait PKPU Nomor 10 tahun 2020 perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020. Hal ini penting disampaikan, terutama kepada pasangan calon perseorangan maupun kepada Parpol, agar mengacu pada PKPU yang baru ini.

Disampaikan juga, bahwa dalam PKPU 10 Tahun 2020 pasal 50 A ayat 1,2,3,4,5,dan 6,  pasangan calon wajib membawah hasil tes PCR saat mendaftar, sehingga jika ada pasangan calon yang positif covid-19 dari hasil pemeriksaan RT-PCR , bakal pasangan calon atau salah satu bakal pasangan calon tidak diperkenankan hadir pada saat pendaftaran.

lanjut dikatakan, sesuai dengan aturan dalam PKPU nomor 10 tahun 2020, akan memanfaatkan teknoli informasi untuk melakukan penelitian bakal pasangan calon atau salah satu bakal pasangan calon yang tidak dapat hadir pada saat pendaftaran sebagaimana dimaksud pada ayat 4.

Ditegaskan, untuk penerapan physical distancing dan juga penerapan sesuai dengan tahapan Pilkada di masa pandemi Covid 19, bahwa KPU bekerja sama dengan pihak keamanan terutama TNI-POLRI yang dibagi dalam beberapa ring.

Alex berharap agar Pasangan Calon yang mendaftar mematuhi aturan yang berlaku, terutama pendukung untuk tetap menerapkan Protokol kesehatan.

Artikel Terkait

MK Putuskan Permohonan Pemohon Tidak Dapat Diterima

Afrans

Bisma Siap Lanjutkan Program Gepemkesmawar

Afrans

BISMA: Ini Kemenangan Seluruh Masyarakat Waropen

Afrans

Pleno Berlangsung 19 Jam, Bisma Raih Suara Terbanyak

Afrans

Putaran Pertama Debat Kandidat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Waropen

Afrans

KPU Waropen Tetapkan 38.263 DPT Pilkada 2020

Afrans

Pjs Bupati Waropen Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT

Afrans

Hasilkan DPT Akurat, KPU Waropen Gelar Rakor Bersama Bawaslu, Pemda dan Forkopimda

Afrans

Deklarasi Pilkada Damai di Waropen, KPU Minta 4 Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Afrans