Pasific Pos.com
Olahraga

Rakerprov, Ajang Evaluasi dan Persiapan Menuju PON Aceh-Sumut

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun didampingi Waketum KONI Pusat Mayjen TNI Purn Suwarno, Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya saat membuka Rakerprov KONI Papua ditandai dengan pemukulan tifa, Jumat (1/4) malam.

JAYAPURA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menggelar Rapat Kerja Provinsi yang dipusatkan di Wisma Atlet, Jumat (1/4/2022) malam. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengatakan Pemerintah Provinsi Papua telah berjuang membangun dan melaksanakan PON XX serta Peparnas XVI berjalan sukses dan lancar.

Oleh karena itu, melalui rapat kerja ini bisa menjadi momen pembinaan prestasi Papua lebih terukur dan modern. “Mari kita bersama menjaga dan merawat fasilitas pemerintah demi kemajuan atlet Papua ke depan. Gubernur Papua mengimbau Raker menjadi momen pembinaan prestasi atlet supaya lebih terukur dan lebih modern agar bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional,” kata Sekda.

Waketum KONI Pusat Mayjen TNI Purn Suwarno, sangat mengapresiasi kegiatan Raker yang digelar oleh KONI Papua. Menurutnya, Raker ini menjadi ajang melakukan evaluasi PON Papua maupun kesiapan Papua menuju PON tahun 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

“Raker ini merupakan satu momentum yang sangat strategis yang pertama akan digunakan sebagai media evaluasi tentang penyelanggaraan PON XX, kemudian untuk menyusun program terkait persiapan menuju PON 2024,” ujarnya.

Menurut Suwarno, KONI Papua perlu melakukan langkah-langkah kaderisasi menuju PON 2024, sebab tahun depan sudah dilakukan babak kualifikasi PON. Sehingga tahun ini adalah tahun persiapan untuk menuju babak kualifikasi.

Selain itu, katanya, kepengurusan KONI Papua akan berakhir tahun ini, oleh sebab itu, kegiatan Raker ini dapat juga membahas tentang Musyawarah KONI. Sehingga harapannya mulai sekarang sudah berbicara tentang persyaratan calon ketua yang akan datang, pembentukan panitia penjaringan.

Suwarno juga mengharapkan pembinaan atlet di Papua tidak putus, sehingga diharapkan dukungan dari pemerintah provinsi Papua. “Saran saya kepada pemerintah Papua, anggaran yang diberikan harus kontinuitas dan berkesinambungan untuk kepentingan pembinaan atlet,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya bahwa tujuan rapat kerja ini untuk menyusun program tahunan dan di dalamnya dihadiri seluruh anggota KONI, mereka keterwakilan dari cabang olahraga dan juga KONI Kabupten/Kota.

“Raker ini kami membahas program pembinaan olahraga prestasi. Kemudian juga akan mengesahkan beberapa cabang olahraga atau menolak cabang olahraga untuk menjadi anggota KONI, termasuk kesepakatan waktu pelaksanaan musyawarah provinsi,” katanya.

Artikel Terkait

Legislator asal Papua Himbau Masyarakat Sambut DOB

Bams

Launching Papua Jadi Provinsi Olahraga

Bams

Kabar Gubernur Papua dideportasi oleh Singapura Hoax

Bams

Yermias Bisai Pimpin PASI Papua Periode 2021-2025

Bams

Kepala Perwakilan PBB Tinjau Program Kerjanya di Papua

Bams

Pemprov Papua Komit Tekan Angka Pengangguran

Bams

Musprov KONI Papua Digelar 19-20 Mei 2022

Bams

SEA Games Honai, Kenius Kogoya: Atlet Papua Dituntut Buktikan bukan Jago Kandang

Bams

Sejumlah wilayah di Kota Jayapura belum terjangkau siaran digital

Bams