Pasific Pos.com
Headline

Putaran Pertama Debat Kandidat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Waropen

Debat-Publik-Putaran-Pertama-24-10--20
Debat Publik Putaran Pertama Calon Bupati dan Wakil Bupati di gedung pertemuan Pemda Waropen, sabtu (24/10/2020).

Waropen – Digelar di gedung pertemuan Pemda Waropen, Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Waropen putaran pertama, pada sabtu (24/10/2020) siang berlangsung aman dan lancar.

“Mewujutkan Good Governance melalui reformasi pelayanan publik dan kepastian hukum” menjadi fokus tema utama dalam debat berlangsung dengan 4 segmen, dimana setiap paslon dalam penyampaian visi misi maupun pertanyaan dan jawaban sesuai dengan jumlah waktu yang ditentukan.

Segmen pertama, penyampaian visi dan misi dari setiap pasangan calon, kemudian di segmen kedua sesi penajaman visi dan misi dan pendalaman materi debat paslon berdasarkan pertanyaan dari Panelis.

Sedangkan segmen yang ketiga menjadi segmen yang paling menarik dari pelaksanaan debat tersebut, karena pada segmen ini perdebatan sesungguhnya berlangsung, setiap pasangan calon memberikan pertanyaan yang di jawab paslon lainnya, kemudian paslon yang memberi pertanyaan kembali memberi tanggapan atas jawaban itu. Lalu segmen ke empat menjadi segmen penutup dimana setiap paslon menyampaikan closing statement atau pernyataan penutup dari ke empat paslon.

Empat pasangan calon yang ikut dalam debat tersebut ialah nomor urut 1 Hendrik Wonatorey,S.Sos dan Korinus Reri,SP,MM, nomor urut 2 Yusak Samuel Wonatorey,S.IP,SH,MBA dan Muhammad Imran, nomor urut 3 Olen Ostal Daimboa,Spd.MM dan Yeheskiel Imbiri,SP dan nomor urut 4 Yermias Bisai,S.H dan Lamek Maniagasi,SE.

Debat putaran pertama ini dipandu moderator Yakoba Womsiwor M,Si yang merupakan Dosen Fisip Universitas Cenderawasih (Uncen) memiliki pengalaman sebagai moderator dalam seminar dan debat politik di beberapa daerah pilkada dan tiga Panelis yaitu Frits B. Ramandei S.Sos, MH yang merupakan Kepala Komnas HAM Papua Papua Barat, kemudian DR. Quency Fransisca Kambuaya SE, M.Si pakar dalam bidang investasi dan ekonomi kerakyatan yang juga tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi Uncen, Henrina Morin SE,MPA yang merupakan pakar dalam bidang manajemen administrasi Kampung dan kebijakan public juga merupakan tenaga pengajar di Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Uncen.

Usai pelaksanaan Debat, Ketua KPU Waropen Aleksander Wopari menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses debat kandidat putaran pertama ini hingga berlangsung dengan baik.

Ia juga mengatakan, bahwa pelaksanaan debat putaran kedua akan kembali di lakukan pada tanggal 30 November mendatang,” kita merujuk ke PKPU 5 tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur, Bupati atau Walikota tentang jadwal kampanye yang dimulai tanggal 26 september sampai dengan 5 Desember kami KPU Kabupaten Waropen mempunyai jadwal dua kali debat kandidat,” Tutup Aleks.

Artikel Terkait

KPU Waropen Tetapkan 38.263 DPT Pilkada 2020

Afrans

Pjs Bupati Waropen Hadiri Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT

Afrans

Hasilkan DPT Akurat, KPU Waropen Gelar Rakor Bersama Bawaslu, Pemda dan Forkopimda

Afrans

Deklarasi Pilkada Damai di Waropen, KPU Minta 4 Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Afrans

Ini Nomor Urut Pasangan Calon Pilkada Waropen 2020

Afrans

KPU Waropen Tetapkan Empat Pasangan Calon Pilkada 2020

Afrans

KPU Waropen Gelar Sosialiasi Tentang Kampanye dan Penerapan Protkes Pada Pilkada 2020

Afrans

Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan, Jelang Pilkada Netralitas ASN di Awasi

Afrans

Berkas Pendaftaran Resmi Diterima, Ini Tanggapan Pasangan Ojek, Hendriko dan YusMir

Afrans