Pasific Pos.com
Olahraga

Puslatprov Papua Kirim Atlet TC ke Keluar Negeri

JAYAPURA,- Pusat Latihan Provinsi (Puslatprov) KONI Papua telah memprogramkan khusus bagi atlet yang akan diproyeksikan merebut medali PON XX Tahun 2020 mendatang.

“Sudah kami programkan, untuk cabang olahraga proyeksikan meraih medali di PON 2020,” ujar Ketua Puslatprov Brigjen TNI Irham Waroihan kepada wartawan, usai Penutupan Character Building and Achievement Motivator Training (CB-AMT) Bagi Atlet dan Pelatih Kontingen PON XX Papua Tahun 2020 Gelombang IV di Lapangan Rindam, Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (28/9).

Dikatakan, abang olahrahga yang memiliki potensi meraih medali, terutama emas dan perak berpeluang menggelar Pemusatan Latihan atau Training Center (TC) di luar negeri.

“Kami mulai menyusun jadwal, dan menghitung mana kira- kira Cabor -Cabor yang berpotensi meraih medali emas dan perak, berkaca pada berapa kali PON maupun di Kejurnas masing masing Cabor, kami akan beri kesempatan untuk TC di luar negeri,” ujarnya.

Irham memberikan contoh cabor softball putri, dimana, PON XIX Jawa Barat mereka meraih medali perak, dan Kejurnas di Tanggerang, Banten. Pada laga final yang digelar Minggu (21/7/2019), srikandi softball Papua meraih medali emas setelah mengalahkan Jawa Barat.

“Softball Putri akan mendapat prioritas, untuk menggelar TC di luar negeri,” ujarnya.

Menurutnya, kalau memang nanti ada cabor yang peluang untuk meraih medali emas atau perak, kita akan berikan kesempatan TC luar negeri. Tentu kita akan persiapkan tim PON Papua yang solid karena lawan kita juga tak tidur. “Kita mungkin akan siapkan atlet lebih keras lagi,”ungkapnya

Lanjutnya, dengan mengirimkan atlet Papua TC di luar negeri maupun di Pulau Jawa, ini merupakan bagian komitmen untuk mewujudkan prestasi di PON nanti.

Apalagi, target kita Papua berada di urutan 5 besar nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Dan untuk mewujudkannya, KONI sudah menyiapkan taktik dan strategi pemenangan, salah satunya adalah meningkatkan kualitas dan profesionalitas atlet dan pelatih melalui Character Building dan Achievement Motivation Training (CB-AMT).