Pasific Pos.com
Papua Barat

Pungli, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tertangkap Tangan

Diamankan uang tunai Rp. 35,5 juta dan 1 handphone

 

Manokwari, TP – Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manokwari, Ivan Apriadi Hadi Poli (IAHP), terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Perumahan Perhubungan, Reremi, Manokwari, Kamis (14/6) sekitar pukul 10.30 WIT.

Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Indro Rizkiadi mengatakan, yang bersangkutan ditangkap setelah pihak kepolisian melakukan penyelidikan kurang lebih selama 1 minggu dan melakukan pembuntutan terhadap tersangka.

Lanjut Kasat Reskrim, dari hasil operasi tangkap tangan ini, pihaknya berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp. 35,5 juta pecahan 100.000 dan 1 handphone yang digunakan untuk berkomunikasi.

Diungkapkannya, modus yang dipakai tersangka, yakni meminta uang kepada korban dengan iming-iming untuk memperlancar izin pelayaran kapal KM KY 02 bermuatan semen dengan tujuan Kepulauan Obi, Maluku Utara, milik salah satu perusahaan pelayaran di Surabaya.

“Untuk itu, tersangka dan barang bukti sudah kita tahan untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut,” tegas Kasat Reskrim kepada para wartawan di ruang kerjannya, Senin (25/6).

Menurutnya, sejauh ini, sebanyak 4 saksi sudah diperiksa, kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap perusahaan pelayaran dimaksud, beralamat di Surabaya.

Dicecar apakah pungutan liar (pungli) yang dilakukan Kepala KSOP Manokwari sudah berlangsung sejak lama, ia mengatakan, berdasarkan keterangan tersangka, baru sekali melakukannya, tetapi penyidik akan melakukan pengembangan. [BOM-R1]