Pasific Pos.com
Papua Selatan

PTPS Ujung Tombak Pengawasan

MERAUKE,ARAFURA,- Suksesi tugas pengawasan pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Papua Tahun 2018 tidak terlepas dari peran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Karena itu, PTPS dituntut untuk bekerja dengan baik sesuai dengan aturan yang ada.

“Semua berjalan baik, apabila pengawas (PTPS,red) atau yang mendasar ini mengawasi dengan baik,”ungkap Ketua Panwaslu Kabupaten Merauke, Oktofina Amtop, kepada wartawan di sela-sela pelantikan PTPS se Distrik Merauke di Swiss-Bellhotel, Senin (25/6).

Karena itu, sebelum mereka melaksanakan tugasnya Tanggal 27 Juni 2018, mereka diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek). Jadi, ada fom-fom atau format yang harus diisi oleh PTPS dengan teliti dan mengawasi jalannya pesta demokrasi. Selain PTPS, juga ada Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di masing-maisng kelurahan.

“Mereka dibentuk dan dilantik dari tempat dimana TPS itu ada. Jadi, kita tidak ambil dari tempat lain, kita ambil berdasarkan TPS atau alamat setempat. Mereka tahu warga yang tinggal di lingkungan itu, yang punya nama di DPT berhak untuk memilih,”terangnya.

Sementara itu, untuk proses pemungutan dan perhitungan suara di TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Merauke sebanyak 465 itu akan ditempatkan satu orang petugas di masing-masing TPS. Diharapkan, tugas pengawasan bisa berjalan dengan baik dan proses demokrasi dapat berlangsung sesuai dengan yang diharapkan.