Pasific Pos.com
Papua Barat

Proyek Instalasi Pipa Air Bersih  Belum Sepenuhnya Dirasakan Masyarakat

Manokwari, TP-  Dua tahun belakangan ini, proyek pengerjaan pipa air bersih terlihat dilaksanakan di sejumlah titik di wilayah Manokwari.  Namun warga sasaran dari proyek pembangunan instalasi jaringan pipa air bersih itu sampai sekarang belum merasakan air bersih yang bersumber dari instalasi pipa air tersebut.

          Sesuai pantuan Tabura Pos,  jaringan instalasi pipa air yang sampai sekarang belum berfungsi diantaranya pipa air di daerah di Amban, tepatnya dekat Tugu Jepang. Padahal, pipa utama dan bak penampung sudah cukup lama selesai dikerjakan. Gambar  logo Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Cipta Karya masih terlihat jelas di bak penampungan air tersebut.

          Tidak adanya pemeliharaan lebih lanjut, lokasi penampungan bak air juga terlihat mulai tertutupi semak belukar. Jika kondisi ini tidak segera mendapat perhatian, bak penampungan dan peralatan lainnya dikhwatirkan mengalami kerusakan, atau dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab.

     Warga setempat, P. Marpaung mengaku bahwa sejak instalasi air bersih selesai dibangun oleh pemerintah, masyarakat belum merasakan aliran air bersih yang bersumber dari jaringan pipa air tersebut. 

“ Informasi kepada warga kapan bak penampungan air itu juga digunakan belum ada, sehingga kami tidak mengetahui kapan bak penampungan itu akan digunakan atau difungsikan,” kata Marpaung kepada Tabura Pos.

          Meski demikian, dirinya sangat berharap agar instansi terkait segera memperhatikan keberadaan bak penampungan air itu, sehingga bisa digunakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan air bersih, khususnya di daerah Amban dan sekitarnya.

Jumiati, warga yang berdomisili di daerah komplek perkantoran Gubernur Papua Barat , Arfai , Distrik Manokwari Selatan mengungkapkan bahwa kondisi yang dialaminya bersama  warga lain sedikit lebih untung dari warga di Amban.

          Ia mengaku bahwa masyarakat Arfai yang tinggal di kompleks perkantoran Gubernur Papua Barat telah menikmati air bersih yang bersumber dari jaringan pipa air yang dibangun PDAM Manokwari.

“ Tapi air tidak setiap hari mengalir, makanya saat mengalir kami harus menggunakan pompa agar bisa mengisi bak penampungan yang dimiliki setiap warga,” terangnya. [CR46-R2]