Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Provinsi Papua dan 17 Kabupaten/Kota Dapat Penghargaan Dari Kemenkeu

Jayapura – Pemerintah Pusat mengapresiasi dan memberi penghargaan terhadap Pemerintah Provinsi Papua dan 17 kabupaten/kota yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Penyerahan Penghargaan oleh Menteri Keuangan diwakili oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Syaiful, S.E.AK, M.M dan Pj Sekda Papua, Doren Wakerkwa, Selasa, 27 Oktober 2020 di salah satu hotel di Kota Jayapura.

Pemda yang menerima penghargaan antara lain Pemerintah Provinsi Papua, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Asmat, Jayawijaya, Merauke, Mimika, Kepulauan Yapen, Yalimo, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Yahukimo, Supiori dan kabupaten Paniai.

Dari 18 Pemda tersebut, terdapat delapan Pemda yang lima kali memperoleh opini WTP dari BPK RI, yakni Provinsi Papua, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Asmat, Jayawijaya, Merauke, Mimika dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Syaiful, S.E.AK, M.M dalam keteranganya mengatakan, selain penyerahan piagam penghargaan untuk pemda peraih opini WTP, juga disertai penandatangan nota kesepahaman/MoU (Memorandum of understanding) peningkatan kualitas pengelolaan keuangan Negara/daerah, antara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua dengan pemerintah provinsi/kabupaten dan kota.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Kementerian Keuangan dengan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan Negara di Papua, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua,” ujarnya,

Sementara itu, Pj Sekda Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan penghargaan kepada pemda di Papua yang meraih opini WTp.

Menurut Doren, penghargaan ini kiranya menjadi motivasi bagi pemerintah daerah yang lain untuk memperbaiki tata kelola keuangannya, sehingga tahun depan bisa mendapat opini WTP.

Doren juga mengingatkan pemda kabupaten/kota se Papua untuk menyiapkan laporan keuangan selama pandemi ini. Dimana, yang perlu diperhatikan adalah yang berkaitan dengan dana refocusing. Ia mengingatkan agar semua pihak bijaksana dan harus berhati-hati.

“Penghargaan atas pengelolaan keuangan Provinsi Papua ini bukan yang pertama kali diterima, tetapi sudah lima kali kita meraih WTP secara berturut-turut,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Kembali Raih WTP yang Keenam Kali

Tiara