Pasific Pos.com
Papua Barat

Program Prabowo Sentuh Masyarakat Anggori

Manokwari, TP – Sejumlah masyarakat Kampung Cabang II, Distrik Manokwari Timur dan sekitarnya mendapatkan pelayanan kesehatan gratis melalui program Prabowo Menyapa di Balai Kampung Anggori, Sabtu (10/2).

Program pengobatan massal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Partai Gerindra ke-10. Sekaligus, akan menjadi program prioritas kedepan. Demikian dikatakan ketua panitia pelaksana, Lanie Prawar kepada Tabura Pos disela-sela kegiatan.

Prawar menilai, program Probowo Menyapa akan dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat Papua Barat. Sebab, masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan. Seperti, pembagian 300 nasi kotak pada ibadah perayaan HUT Pekabaran Injil (PI) ke-163 Tahun di Mansinam, Aksi Donor Darah di Sekretariat Gerindra Papua Barat dan pengobatan massal di Kampung Cabang II.

Bukan hanya itu, dalam program Prabowo menyapa ini, Gerindra Papua Barat ke depan juga akan menggelar pembagian makanan sehat kepada anak-anak di sekolah. “Kita akan rutin melakukan kegiatan seperti ini ke depan,” ucapnya.

Menurutnya, partisipasi warga Kampung Cabang II mengikuti pelayanan kesehatan gratis, cukup tinggi karena tidak sedikit masyarakat yang sudah sakit datang berobat, bukan ke puskesmas lebih dulu. “Ada warga yang sudah sakit 2 hari dan 2 minggu memilih datang ke pengobatan gratis. Padahal, saat merasakan sakit bisa langsung ke puskesmas,” ucapnya.

Dirinya memperkirakan ada sekitar 100 warga datang berobat, mulai dari Susweni, Ayambori, Bumi Marina, Amban, Anggori, bahkan dari wilayah kota. Obat-obatan dan tenaga medis sambungnya tersedia atas kerjasama dengan dengan dinas kesehatan Manokwari dan puskesmas Amban.

Dirinya berharap, pemerintah baik kabupaten maupun provinsi Papua Barat dapat menggelar kegiatan serupa.

Sekretaris Kampung Cabang II, Singgus Kadiwaru mewakili masyarakatnya menyampaikan terima kasih kepada DPD Partai Gerindra Provinsi Papua Barat. Pasalnya, baru kali ini partai mengadakan kegiatan pengobatan masal. “Barulah Gerindra yang melakukan kegiatan pengobatan massal di kampung kami,” ungkap Kadiwaru kepada Tabura Pos.

Menurutnya, pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan merupakan kegiatan yang sangat baik. Dan, seharusnya dilakukan pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota secara rutin.

“Tepat 10 Februari 2018 di Balai Kampung Cabang II kami masyarakat sangat senang sekali, karena ada layanan kesehatan secara cuma-cuma atau gratis. Masyarakat kami yang sakit dan ingin berobat namun karena keterbatasan ekonomi, atau tidak memiliki BPJS akhirnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis,” tukasnya.

Kadiwaru mengungkapkan, warganya masih banyak yang belum memiliki kartu BPJS kesehatan dan masih ada yang dalam proses. Untuk itu, Dirinya berharap kegiatan serupa tidak terhenti begitu saja, tetapi bisa ditangkap oleh pemerintah maupun organisasi agar masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah bisa ikut merasakan pelayanan kesehatan secara gratis.[FSM-R3]