Pasific Pos.com
Papua Barat

Program Prabowo Menyapa Papua Barat

Manokwari, TP – DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Papua Barat melaksanakan program Prabowo Menyapa dengan berbagai kegiatan. Program tersebut, dimaksudkan untuk memeriahkan HUT parta Gerindra ke 10 tahun pada, Selasa (6/2).

Ketua Panitia HUT partai Gerindra ke-10, Lenie Prawar mengungkapkan, sesuai arahan Ketua Umum Partai Gerindra, H. Probowo Subianto, HUT Partai Gerindra di Papua Barat dirangkaikan dengan peringatan HUT Pekabaran Injil ke 163.
“Tentunya, kegiatan yang dilakukan harus bersentuhan dengan masyarakat,” terang Lenie.

Dijelaskan Lenie, HUT partai Gerindra bertepatan dengan HUT Pekabaran Injil (PI) di Tanah Papua dan Hari Seni Budaya Provinsi Papua Barat. Maka itu, program Prabowo Menyapa dilakukan dengan beberapa kegiatan sebagai bentuk turut berpartisipasi dalam perayaan HUT PI. “Sesuai instruksi kami turut menyumbangkan 2 unit taksi laut untuk melayani masyarakat secara gratis. Kita juga turut menyumbangkan 300 nasi kotak serta 1 unit mobil rental untak operational panitia,” bebernya, Kamis (8/2).

Aksi sosial yang telah dilaksanakan, ungkap Lenie, adalah aksi donor darah yang telah dilaksanakan kemarin. Sementara pengobatan masa secara gratis masih akan dilaksanakan, Sabtu (10/2) di Balai Kampung Cabang II, Jl. Litbang Anggori, Kelurahan Amban, Distrik Manokwari Barat.

Rangkaian kegiatan tersebut bekerjasama dengan seluruh kader partai, baik DPD, DPC se Provinsi Papua Barat terutama DPC Kabupaten Manokwari, DPC Manokwari Selatan, dan DPC Pegunungan Arfak.

Dirinya berharap, deretan kegiatan yang dilaksanakan dapat menyentuh masyarakat secara langsung. “Partai gerindra lahir karena rakyat, maka kami berharap apapun yang kami lakukan dapat secara langsung membantu masyarakat, misalnya dengan aksi donor darah dan pengobatan masal,” ucapnya.

Aksi donor darah kemarin, DPD Gerindra bekerjasama dengan PMI Papua Barat. Berharap, kegiatan dapat membantu pasien yang membutuhkan darah.

Pantauan wartawan Tabura Pos, donor darah diikuti kader partai, baik secara internal maupun eksternal, sejumlah alumni SPMA Manokwari, dan masyarakat umum. “Target kami dapat mengumpulkan 20 kantong darah, tapi kami hanya dapat 17 kantong dan langsung kami berikan kepada PMI Papua Barat,” tukasnya.

Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukrim) DPD Partai Gerinda Provinsi Papua Barat, Yulianus Rumayom menegaskan, kegiatan kemanusiaan yang digelar murni menyambut HUT partai Gerindra ke 10.

“Sekali lagi saya tegaskan kegiatan kemanusiaan ini tidak ada kaitan dengan pemilu presiden maupun pemilu legislatif 2019 mendatang. Kegiatan ini murni menyambut HUT Gerindra,” tegas Rumayom.

Rumayom menambahkan, stok darah di RSUD Manokwari dan rumah sakit di daerah lainnya di Papua Barat sangat terbatas karena PMI sendiri masih mengalami kendala untuk melajukan stok darah.

Secara kelembagaan, pihaknya juga akan mendesak kepada kader Gerindra yang duduk di kursi legislative agar dapat mendorong pemerintah membantu sarana dan prasarana sebagai pendukung kerja PMI Papua Barat.

“Ini sangatlah penting, untuk itu kedepan kita akan programkan agar setiap kegiatan yang digelar Gerindra bisa dilakukan aksi donor darah,” tukasnya.

Kepala Unit transfusi Darah, PMI Papua Barat, La’abidin menyampaikan terima kasih kepada DPD Gerindra Papua Barat karena telah menfasilitasi untuk stok darah.

Dirinya berharap, perhatian soal kesediaan darah juga diberikan oleh masyarakat, organisasi masyarakat dan partai politik untuk bersama-sama memperhatikan kebutuhan masyarakat. Berharap, aksi-aksi donor darah juga tidak hanya dilakukan sekali dalam setahun.

“Kami PMI memang kekurangan stok darah, tetapi kami juga masih terkendala akan sarana dan prasarana pendukung kerja-kerja mereka. Sebab, dalam 1 hari sarana dan prasarana hanya mampu menampung 100 kantong darah,” ucapnya.[FSM-R3]