Pasific Pos.com
Papua Selatan

Program Pengendalian Sampah Plastik Resmi Dilaunching

MERAUKE,ARAFURA,-Penggunaan plastik secara bertahap mulai dikurangi di Kabupaten Merauke dengan dilaksanakannya launching program pengendalian sampah plastik dan penerapan peraturan bupati nomor 23 tahun 2019 tentang pengurangan pemakaian kantong plastik secara resmi oleh Bupati Merauke, Frederikus Gebze di Orange Supermarket Selasa lalu. Menurut bupati hal tersebut perlu dilakukan mengingat aktifitas masyarakat cukup banyak menggunakan plastik khususnya ketika berbelanja, baik di pasar maupun toko. Sampah plastik cukup banyak yang dibuang di sekitar lingkungan kita sehingga sangat membahayakan ketika dimakan oleh hewan-hewan yang berkeliaran. Apalagi sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk benar-benar musnah atau hancur, dalam hal ini hingga puluhan tahun.

Jika sampah dibuang ke laut tentu tidak hanya mengotori namun dapat dimakan oleh ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Oleh sebab itu secara perlahan penggunaan plastik harus dikurangi dan upaya ini dapat dimulai dari dalam keluarga. Pasalnya, jika dalam satu keluarga saja terdiri dari lima orang dan semua menggunakan plastik lalu dikalikan dengan jumlah penduduk yang ada di daerah ini maka dapat dipastikan akan begitu banyak plastik yang sudah digunakan oleh masyarakat. Ini adalah contoh sederhana yang harus dipikirkan bersama.

Bupati juga menyarankan agar ke depan dapat dibentuk semacam asosiasi yang turut melibatkan toko maupun supermarket terkait dengan data penggunaan plastik sehingga dapat diketahui dan dipantau secara rutin. Asosiasi ini juga akan sangat membantu dalam upaya pengurangan pemakaian plastik di daerah ini. Selain itu untuk setiap kelurahan dan lingkungan RT dihimbau agar dapat mensosialisasikan tentang upaya ini kepada warganya sehingga dapat bersama-sama berkomitmen mendukung langkah yang sudah dilakukan. Pihaknya juga berterima kasih kepada pengelola toko yang telah mendukung langkah pemerintah ini meskipun untuk pelaksanaan bukan hal yang mudah dan perlu komitmen agar langkah ini dapat berjalan dengan optimal.