Pasific Pos.com
Headline Kota Jayapura

Program Daerah Binaan Kemenag, Wali Kota : Menjawab Kekhawatiran Masyarakat

Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi memukul gong saat melaunching program percontohan daerah binaan di Distrik Muara Tami.

Jayapura – Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua terpilih sebagai Daerah Binaan Direktorat Jenderal Bimbingan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia setelah dilaunching oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, Sabtu (7/11/2020).

Wali Kota Jayapura dalam sambutannya disampaikan Asisten II Setda Kota Jayapura, Nurjainudin Konu menyatakan bahwa dengan terpilihnya Distrik Muara Tami sebagai daerah binaan telah menjawab salah satu kekhawatiran masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak awal tahun 2020.

“Krisis kesehatan akan berpengaruh pada krisis ekonomi. Mudah – mudahan dengan adanya daerah binaan ini bisa membantu memberdayakan ekonomi masyarakat dan juga meningkatkan nilai spiritual dalam menghadapi krisis kesehatan,” ucap Wali Kota.

Wali Kota menambahkan bahwa Kota Jayapura adalah miniatur Indonesia, terdapat berbagai suku dan agama yang hidup harmonis, toleransi antar umat beragama begitu tinggi. Hal ini tercipta lantaran Pemkot Jayapura selalu berkoordinasi dengan paguyuban untuk bersama membangun Kota Jayapura

Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama RI karena telah memilih Distrik Muara Tami sebagai Daerah Binaan dan berharap dapat bermanfaat bagi daerah tersebut.

“Proper desa bidang ini sebagai upaya edukasi pembinaan dan pemberdayaan supaya masyarakat tetap semangat di tengah pandemi Covid -19 dan memasuki era normal,” tandasnya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua, Pdt. Amsal Yowei mengatakan setelah kehadiran Menteri Agama Fachrul Razi pada September lalu, disusul kehadiran Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi awal November ini di Papua membuktikan bahwa Kemenag melaksanakan program prioritas membangun Tanah Papua.

“Papua rumah besar kita bersama untuk senantiasa membuktikan bahwa di ujung timur nusantara ini kita bisa membuka diri untuk seluruh umat beragama yang ada,” ucap Amsal.

Kepada Kemenag pusat, Gubernur Papua dan Wali Kota Jayapura, Amsal mengucapkan terima kasih yang telah memberikan kepercayaan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di wilayah Distrik Muara Tami

“Kepercayaan ini akan kami pegang teguh. Dengan program binaan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di daerah sekitar,” tandasnya. (Zulkifli)