Pasific Pos.com
Papua Selatan

Program Calistung Bidik 12 Kampung

MERAUKE,ARAFURA,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke memprogramkan pemberantasan ‘buta’ Membaca, Menulis dan Menghitung (Calistung) di 12 kampung yang ada di Kabupaten Merauke. Program Calistung lebih diprioritaskan di kampung-kampung lokal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan untuk program Calistung pihaknya akan bekerjasama dengan KPG Khas Papua. Sejak Tahun 2014 silam semua guru kontrak ditempatkan ke sekolah yang berada di daerah 3T. Hal ini dilakukan untuk menekan angka buta huruf di Kabupaten Merauke.

Diharapkan dengan program unggulan pada Tahun 2018 ini angka buta huruf dapat berkurang, serta anak-anak yang berada di pedalaman maupun di kampung-kampung yang susah dijangkau bisa mendapatkan pendidikan yang sama dengan ada yang di kota.

“Kita akan koordinasi dengan KPG kapan mahasiswa mereka akan melakukan magang, karena kita akan gunakan mahasiswa magang KPG,” terangnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/1/18) lalu.

Dikatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar 1,2 milyar dengan harapan program ini dapat membantu anak-anak yang berada di kampung-kampung terutama anak-anak sekolah maupun usia sekolah. Ia berharap, adanya dukungan dari semua pihak baik orang tua, guru maupun pihak terkait sehingga sudah tidak ada lagi anak-anak yang belum bisa Calistung.