Pasific Pos.com
Papua Selatan

Program Asimilasi Tetap Berjalan

MERAUKE,ARAFURA,-Program asimilasi bagi warga binaan Lapas Klas IIb Merauke tetap berjalan. Selain kegiatan pertanian di Serapu, Distrik Semangga, kegiatan lainnya juga dilakukan di sekitaran Lapas, seperti bengkel, cucian motor dan pangkas rambut.

“Kedepan kita akan aktifkan semuanya. Supaya pembinaan (warga binaan) berjalan,”terang Kepala Lapas Klas IIB Merauke , Suroto,Bc.IP,S.AP ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/7).

Dikatakan Kalapas, selain untuk pembinaan program asimilasi ini juga untuk melatih keterampilan warga binaan. Jadi, jangan ada anggapan bahwa warga binaan itu hanya dikurung, tetapi ada juga kegiatan yang dilakukan selama mereka menjalani proses hukuman.

“Mereka harus diintegrasikan dengan masyarakat, karena sistim pemasyarakatan seperti itu. (Warga binaan) tidak boleh diasingkan dengan masyarakat. Jadi, sudah setengah, sudah setengah masa hukuman kita asimilasi,”terangnya.

Kalapas mengatakan, kegiatan asimilasi seperti cucian motor, pangkas rambut dan bengkel itu membutuhkan dukungan berbagai pihak, termausk secara internal ke dalam. Jadi, biarpun petugas jika menggunakan jasanya harus membayar bukan gratis. Karena uang yang terkumpul itu akan bisa digunakan untuk lain-lain, seperti insentif bagi napi yang bersangkutan dan juga hari raya seperti THR.

Ditambahkan Kalapas, pembinaan bukan hanya bersifat fisik tetapi juga rohani. Karena itu, pembinaan rohani warga binaan juga terus dilakukan sesuai dengan agamanya masing-masing. Ia berharap, setelah bebas nanti warga binaan bisa menjalani kehidupan yang lebih baik di tengah-tengah masyarakat.