Pasific Pos.com
Papua Selatan

Prof. Herry: “Luluskan Siswa Asal-Asalan, Hancurkan Masa Depan”

MERAUKE, ARAFURA,- President Indonesian American Society of Academics (IASA), Prof. Herry Utomo mengatakan meluluskan siswa asal-asalan akan menghancurkan masa depan siswa itu sendiri. Pasalnya, dengan membiarkan hal itu terjadi maka akan menghancurkan masa depan generasi bangsa.

“Kita boleh mengasihani tetapi dengan cara yang benar, bukan membiarkan mereka lulus dengan ilmu yang seadanya saja. Kalau itu kita lakukan berarti kita memberikan kasih sayang yang separuh-paruh,” terangnya kepada wartawan di Swiss-bel Hotel, belum lama ini.

Ia menambahkan, mulai dari sekarang harus mengubah kebiasaan atau kondisi yang saat ini, sehingga generasi kedepan akan lulus dengan ilmu yang benar-benar baik. Bukan karena rasa kasihan sehingga mereka dibiarkan lulus dengan ilmu yang seadanya saja.

Menurutnya, untuk mendidik para siswa perlu ada ketegasan dari pihak sekolah. Apabila siswa tersebut belum mampu untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, maka sebaiknya pihak sekolah tidak meluluskan siswa tersebut. Pasalnya, dengan meluluskan mereka nantinya dikemudian hari mereka akan terkendala karena kurangnya pengetahuan.

“Tidak boleh siswa dibiarkan dengan gampang, mendapat ijasah tanpa belajar maupun mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Mereka harus terbiasa melalui proses dan tahapan sebenarnya,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya bersama pihak sekolah harus bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman, aman dan membuat para siswa merasa senang berada di sekolah. Pihaknya juga akan membantu, mendampingi para guru dan pengasuh SMA Satap Wasur Terintegrasi dalam memberikan pelajaran kepada para siswa.

“Sekolah harus bisa membuat siswa menyukai pelajaran dan merasa senang, sehingga mereka termotivasi untuk berangkat ke sekolah guna mengikuti proses belajar mengajara yang ada di sekolah,” ungkapnya.