Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Produksi Sampah Meningkat Saat Lebaran

 

JAYAPURA – Kepala Seksi Penanganan Pengurangan Sampah dan Limbah P3 Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Frangky Nelson Numbery mengatakan jumlah sampah saat Lebaran meningkat dua kali lipat karena berkaitan dengan liburan.

“Produksi sampah dalam sehari yang di buang ke TPA di Koya Koso ada 158 ton. Saat lebaran meningkat dua kali lipat,” kata Frangky di Kantor Wali Kota, Senin (25/6/18).

Guna mengantisipasi lonjakan sampah, kata Frangky, pihaknya menyikapi dengan pembuatan posko kebersihan untuk mencover sampah yang berlebihan.

“Ada empat posko yang kami siapkan, setiap distrik satu posko sampah,” kata Frangky.

Posko tersebut berfungsi sebagai pelayanan yang dilakukan dengan penjemputan sampah ke setiap kompleks, dengan harapan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

“Saat lebaran volume sampah lebih banyak. Kendaraan kami tidak mampu untuk membeckup. Namun, dengan koordinasi semua bisa terasi,” kata Frangky.

Frangky mengatakan, permasalah sampah menjadi tanggung jawan bersama, baik pemerintah kota, swasta dan masyarakat.

“Dengan bertambahnya penduduk di Kota Jayapura, maka semakin meningkat juga konsumsi yang menimbulkan volume sampah yang dihasilkan,” kata Frangky.