Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Pro Kontra Ditunjuknya JBR Jabat Ketua DPR Papua Makin Memanas

Jayapura, – Polemik ditunjuknya Johny Banua Rouw (JBR) sebagai Ketua DPR Papua dari DPP Partai NasDem, terus bergulir, bahkan terjadi pro kontra di kalangan adat dan masyarakat Papua.

Apalagi, Dewat Adat Yapen sudah menyatakan jika Johny Banua Rouw ini merupakan anak adat Serui.

Untuk itu, salah satu Tokoh Serui, Nico Maury mengungkapkan, jika Johny memang Banua Rouw dinyatakan sebagai orang asli Papua oleh Dewan Adat Yapen, tentu ada silsilahnya.

“Bicara soal pak Johny Banua Rouw dianggap sebagai anak adat, anak adat darimana? Sebab, selama beliau ada di dalam lembaga ini, apakah dia ada melihat anak-anak adat yang ada di rantau atau yang ada di daerah,” ungkap,” Nico Maury kepada Wartawan di Jayapura, Selasa (29/10/19).

Menurut Nico Maury yang juga Ketua Barisan Merah Putih Kota Jayapura ini menilai bahwa silsilah sangat penting jika bicara anak adat. Sebab, orang asli Papua itu identik dengan hitam dan rambut keriting.

“Jadi, kalau bilang John Banua Rouw anak adat. Saya pribadi ragu. Saya sebagai anak Serui, saya ragukan itu, tentang keaslian dia sebagai anak adat,” ketusnya.

Untuk itu, Nico Maury meminta Dewan Adat Serui harus bisa membuktikan bahwa dia bapaknya Papua atau mamanya Papua.

“Itu harus ditunjukkan. Jangan kita bersilat lidah seperti itu,” tandasnya.

Menurutnya, jika bicara anak adat itu, semua adalah anak adat. Sebagai anak adat, maka harus tahu adat. Jangan mentang-mentang dari Dewan Adat, lalu bisa melegitimasi orang menjadi bagian dari adat suatu daerah, tidak seperti itu.

“Jadi, kembali keturunannya seperti itu. Silsilah itu penting, harus dibuka hari ini supaya ke depannya tidak salah, karena ini sebagai panutan. Jika klaim itu harus dibuktikan,” tegas Nico Maury.

Namun polemik soal status Johny Banua Rouw yang diragukan keabsahannya sebagai orang asli Papua oleh sejumlah pihak, akhirnya dijawab oleh Dewan Adat Kepulauan Yapen, dewan adat suku 3W (Wonda, Wondei, Wonawa) Yapen Barat dan dewan adat suku Yawa Onate.

Ketua Dewan Adat Yapen, Onesimus Wayoi pun membeberkan silsilah dari John Banua Rouw yang memiliki garis keturunan atau marga Rouw dari sang nenek. Penegasan itu, sekaligus menjadi bentuk dukungan terhadap Johny Banua Rouw untuk memimpin kursi Ketua DPR Papua periode 2019-2024.

“Status Johny Rouw itu bukan diadopsi atau dikukuhkan tetapi ini diakui berdasarkan garis silsilah,” kata Wayoi di Jayapura.

Kata Wayoi, pada saat pengukuhan yang dilakukan oleh suku 3W, dirinya selaku Ketua Dewan Adat Yapen, meminta kepada suku 3W untuk menelusuri silsilah keturunan Johny Banua. (TIARA)