Menu

Line 1

Custom Search

Tawaran Msg Untuk Dialog Papua-Jakarta Sangat Progresif

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating StarRating StarRating StarRating StarRating Star / 1
TerburukTerbaik 

Ketua Melanesian Spearhead Group (MSG) Menasseh Sogavare yang juga Perdana Menteri Kepulauan Solomon (Solomon Island) sedang mempertimbangkan ide untuk membawa Pemerintah Indonesia dan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dalam dialog bersama-sama.

Sogavare mengatakan sebagaimana dirilis oleh pmpresssecretariat.com bahwa dia memiliki ide Pemerintah Indonesia dan ULMWP untuk bersama-sama memulai dialog dan dia membutuhkan bimbingan dari kedua belah pihak tersebut dan juga pihaknya (MSG) ingin mensponsori dialog dengan kemungkinan bagi kedua pihak tersebut untuk memilih agenda serta dapat bertemu langsung (face to face). 

Berkenaan dengan itu, Sogavare juga mengatakan dalam pertemuaannya dengan delegasi ULMWP Kamis (21/1) di Honiara bahwa MSG juga akan mencari dan menyiapkan beberapa moderator, guna memandu diskusi antara Pemerintah Indonesia dan ULMWP tersebut. 

Sebagai salah satu Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua, saya memandang bahwa tawaran Ketua MSG yang juga PM Solomon Island, Sogavare ini adalah sebuah langkah maju (progresif) dan patut didukung oleh semua pihak di Tanah Papua, Indonesia maupun dunia internasional, termasuk di kawasan negara-negara anggota MSG dan PIF.'

Hal demikian disebabkan karena penyelesaian masalah Papua adalah masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan masalah perbedaan pandangan mengenai sejarah integrasi Papua ke dalam NKRI yang senantiasa menuai konflik dan kekerasan bersenjata sepajang lebih dari 50 tahun terakhir ini. 

Sehingga jalan penyelesaian damai melalui dialog memang menjadi tawaran yang sangat proporsional dan merupakan cara yang tidak akan membunuh siapapun diantara mereka yang bersengketa selama ini.

Sogavare mengatakan juga bahwa apapun hasil dari dialog akan membantu MSG dalam mengukur pemikiran dari pemerintah Indonesia mengenai isu-isu yang sedang MSG maupun Rakyat Papua dan ULMWP prihatinkan selama ini.

tawaran MSG melalui Sogavare bagi pentingnya penyelesaian konflik sosial-politik di Tanah Papua melalui jalan dialog ini akan sangat sejalan dengan kemauan Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo.

Bahkan akan mendapat dukungan politik yang kuat dari berbagai pemerintah negara sahabat Indonesia yang senantiasa menyatakan dukungannya terhadap persatuan Indonesia, seperti halnya Amerika Serikat dan Inggris sebagaimana diungkapkan para dubesnya yang baru berkunjung ke Tanah Papua belum lama ini.

 

Peace,

Yan Christian Warinuss

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari/Advokat dan Pembela HAM di Tanah Papua/Peraih Penghargaan Internasional di Bidang HAm "John Humphrey Freedom Award" Tahun 2005 dari Canada/Koordinator Komisi HAM, Perdamaian, Keadilan dan Keutuhan Ciptaan pada Badan Pekerja Klasis GKI Manokwari .-

 

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.