Pasific Pos.com
Headline

Presiden Diminta Bangun PLBN di Merauke dan Pegubin

Jayapura,- Presiden Joko Widodo diminta untuk membangun membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kabupaten Merauke dan Pegunungan Bintang.

Hal itu disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, dalam Rapat Kerja Daerah bupati dan walikota se Papua, di Jayapura, Rabu (07/02/2018). “”Wilayah perbatasan baik di Pegunungan Bintang maupun Merauke tetap menjadi perhatian pemerintah Papua. Untuk itu, selain membangun PLBN di Skouw kami sudah sampaikan ke Presiden untuk bangun di dua daerah ini,” kata Gubernur.

Dikatakan Gubernur, pembangunan PLBN Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura yang membatasi Papua dan Papua Nugini, saat ini menjadi tujuan pariwisata bagi masyarakat Indonesia, bahkan dari negara tetangga saat akhir pekan.

“Ini sangat luar biasa karena banyak menarik wisatawan ke Papua. Muda-mudahan di Pegunungan Bintang dan Merauke juga bisa dibangun PLBN sama seperti di Skouw,” ucapnya.

Lanjutnya, diri berkunjung kerjanya ke Merauke, PLBN belum dibangun. “saya sudah melihat langsung wilayah perbatasan di Merauke, namun belum ada apa-apa, sehingga menyebabkan lalu lintas orang di daerah itu masih bebas,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur berharap, Presiden Joko Widodo bisa fokus membangun PLBN di dua kabupaten itu, karena sebagian batas wilayah, bahkan banyak kampung-kampung baru yang ditemukan. Indonesia sudah merdeka 73 tahun, tapi masih ditemukan kampung baru yang tidak dikenali. “Inilah Papua, orang lain selalu bilang gampang tapi wilayah Papua seperti itu. Banyak kampung yang baru,” tambahnya.

Gubernur menambahkan, pemerintah pusat dengan badan perbatasannya sedang berusaha membangun batas wilayah yang ada di Papua, sehingga batas-batas wilayah yang ada saat ini keberadaannya jelas.