Pasific Pos.com
Papua Selatan

Potensi Komunitas Stand Up Indo Merauke Cukup Besar

MERAUKE,ARAFURA,-Potensi Komunitas Stand Up Indo di Kota Rusa termasuk besar karena hingga saat ini mampu bertahan dan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, komunitas ini mampu berkembang dengan sangat baik sejak awal diperkenalkan beberapa waktu silam. Hal tersebut dikemukakan Junnaidi I.Ngedihu salah satu anggota komunitas kepada ARAFURA News di café miliknya belum lama ini.

Hanya dalam waktu 3 bulan saja, komunitas ini sudah sangat dikenal meskipun diakui masih sering menghadapi berbagai kendala. Sejak November 2017 lalu, awal kehadiran Komunitas Stand Up Indo di Kabupaten Merauke, Junnaidi memang sudah aktif bergabung di mana evorianya kala itu memang cukup besar sehingga mampu merangkul cukup banyak anggota. Saat itu mampu mencapai jumlah 30 orang yang fokus dan memutuskan untuk aktif.

Namun seiring berjalannya waktu jumlah yang ada mulai menurun karena anggota komunitas banyak yang disibukkan dengan pekerjaan masing-masing. Hal ini memang wajar dan bisa dimaklumi sehingga yang aktif hingga sekarang kurang lebih tersisa 17 orang. Base camp memang belum dimiliki oleh komunitas ini namun mereka sudah mempunyai tempat untuk berkumpul di beberapa café sekaligus untuk tampil di hadapan pengunjung. “Jadi sudah ada jadwal khusus yang kita susun untuk perform. Dalam hal ini lebih sering di café-café yang memang menyediakan panggung untuk komunitas,”terang Junnaidi.

Untuk menjadi anggota komunitas tidak ada persyaratan khusus, yang penting ada keberanian untuk tampil di hadapan penonton. Meskipun yang bersangkutan tidak memiliki selera humor akan diajarkan sehingga materi yang dibawakan tetap ada unsur kelucuannya. “Simple saja sebenarnya, yang penting berani dulu karena kita harus tampil sendiri, bukan berkelompok di atas panggung. Kalau berkelompok maka rasa gugup kita tidak akan kelihatan karena bisa ditutupi oleh rekan yang lain. Apalagi kita juga membuka peluang bagi pihak luar yang ingin mengundang komunitas untuk tampil,”jelasnya lagi.**