Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

PON XX, Telkomsel Pastikan Kesiapan Infrastruktur Jaringan dan Titik Penjualan

Tim Telkomsel memasang infrastruktur jaringan di Stadion Lukas Enembe.(Foto : Istimewa)

Jayapura – Telkomsel terus mematangkan berbagai kesiapan baik dari sisi infrastruktur jaringan dan titik penjualan untuk menghadirkan kenyamanan dan kehandalan jaringan saat kejuaraan olahraga tingkat nasional terbesar di Indonesia Pekan Olahraga Nasional (PON) XX berlangsung 2-15 Oktober mendatang.

Pada pelaksanaan PON XX ini, sebanyak 6.494 atlet dan 3.248 ofisial turut berpartisipasi untuk bertanding dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin, 680 nomor peserta, dan akan berlangsung di 88 venue.

POH General Manager Network Service Assurance Telkomsel Maluku dan Papua, Muhammad Idham Kadir mengatakan, saat ini kesiapan infrastruktur jaringan Telkomsel telah mencapai 96 persen dari sejumlah program yang kita jadwalkan.

“Dari sisi power, transport, quality, hingga user experience sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan rencana yang telah kita tetapkan sebelumnya,” kata Idham, Selasa (31/8/2021).

“Untuk mengatasi adanya lonjakan trafik dan kebutuhan komunikasi selama PON XX 2021 Papua berlangsung, kami melakukan penambahan sebanyak 41 Base Transceiver Station (BTS) dan satu site permanen yang dikhususkan untuk mengoptimalkan jaringan di Stadion Lukas Enembe,” lanjut Idham.

Selain itu, Telkomsel juga menyiapkan 11 Compact Mobile BTS atau Combat mobilisasi untuk mendukung layanan di berbagai venue pertandingan.

Selain mengoptimalkan infrastruktur jaringan di empat kluster yang nantinya akan digelar kegiatan PON XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Sentani, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke, Telkomsel juga akan melakukan pengoptimalan jaringan di beberapa lokasi untuk menyambut Kirab Api PON XX.

“Selain empat kota dan kabupaten tersebut, optimalisasi jaringan juga kami lakukan di Sorong, Biak, dan Wamena untuk mengantisipasi adanya lonjakan kebutuhan komunikasi,” ucapnya.
Untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik, Telkomsel telah menyiagakan sebanyak 24 genset tetap dan 33 Support Catu Daya (SCD) Mobile yang siap memberikan sumber daya listrik kepada BTS prioritas apabila diperlukan.

“Kami juga melakukan sejumlah program optimalisasi kapasitas baterai yang terdapat dalam BTS sehingga saat terjadi pemadaman listrik, BTS masih dapat beroperasi dengan optimal untuk jangka waktu tertentu,” kata Idham.

Idham mengatakan, menjelang beberapa pekan lagi dalam pelaksanaan PON XX, Telkomsel berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan serta mengantisipasi berbagai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

“Telkomsel siap mendukung penuh kesuksesan PON XX, tentunya dengan mengedapankan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap program yang kami jalankan,” kata Idham.

General Manager Consumer Sales Telkomsel Region Maluku dan Papua, Yuli Haryadi menyampaikan sejumlah perkembangan dari sisi produk dan layanan Telkomsel.

“Saat ini kami telah menyediakan booth di Bandara Sentani guna mengakomodir pelanggan yang baru turun dari pesawat. Mulai dari pulsa, paket data, kartu perdana hingga penukaran Telkomsel Poin dengan berbagai merchandise yang menarik,” ungkap Yuli.

“Kami juga telah menyiagakan sebanyak lebih dari 80 reseller atau konter pulsa dalam radius satu kilometer dari setiap venue PON XX untuk memastikan agar para atlet, ofisial, maupun volunteer dapat dengan mudah mendapatkan produk-produk Telkomsel,” lanjut dia.

Begitu pula dengan GraPARI, total ada sebanyak lima titik yang tersebar di empat kluster pelaksanaan PON XX. Yaitu dua lokasi di Kota Jayapura, satu lokasi di Kabupaten Jayapura tepatnya di Sentani, satu lokasi di Merauke, dan satu lokasi di Timika, kesemuanya siap membantu pelanggan untuk ganti kartu, aktivasi paket, dan migrasi kartu 4G. (Red)