Pasific Pos.com
Headline Olahraga

PON XX Papua Diikuti 6.484 Orang Atlet

Suwarno

Jayapura – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan didiselenggarakan di Provinsi Papua, dari tanggal 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Sebanyak 6.484 orang atlet dari 34 provinsi se Indonesia akan berpartisipasi dalam event empat tahunan tersebut.

Ketua Panwasrah PON XX yang juga Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, mengatakan PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan, dan 6.484 orang kuota atlet.

“Jumlah kuota atlet sudah final setelah pembahasan Technical Handbook (THB) PON XX 2021 Papua, kuota bisa berkurang setelah tim keabsaan PON melakukan verifikasi atlet, tetapi kalau bertambah sudah tidak ada lagi,” kata Suwarno kepada pers disela-sela rapat konsolidasi bidang-bidang jelang CdM Meeting II di Jayapura, Rabu, 17 Februari 2021.

Suwarno mengatakan, dengan ditetapkannya jumlah kuota atlet PON XX, maka masing-masing bidang bisa menggunakan data tersebut. “Data atlet yang akan bertanding di PON Papua sudah final, data tersebut bisa dipakai untuk bidang akomodasi, konsumsi dan transportasi,” katanya.

Sementara itu, Olof Monim dari Bidang Pertandingan PB PON Papua dalam paparannya mengatakan, total peserta dan perangkat pertandingan PON yang akan datang ke Papua diperkirakan sebanyak 21.338 Orang.

Dari jumlah tersebut, mereka akan tersebar berdasarakan cabang olahraga di masing-masing klaster, yakni klaster Kota Jayapura, klaster Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Olof Monim menuturkan, klaster Kota Jayapura akan mempertandingkan Kota Jayapura 15 Cabang Olahraga dengan 21 nomor disiplin. Kemudian, klaster Kab. Jayapura pertadingkan 14 Cabang Olahraga dan 22 nomor disiplin.

Klaster Mimika mempertandingkan, 9 Cabang Olahraga dan 12 nomor disiplin, klaster Merauke 6 Cabang Olahraga dan 6 Disiplin. “Data jumlah peserta yang dipaparkan itu, belum termasuk data dari keamanan TNI/POLRI, Volunteer, Wartawan, Extra Official dan LO Bidang-Bidang,” paparnya.

Artikel Terkait

Ini kata Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Soal Otsus, DOB dan PON XX Tahun 2021

Jems

Band Kotak dan Komunitas Kesenian Papua Meriahkan Gebyar PON

Bams

Anggaran PON XX Rp 94,8 Miliar Disalurkan ke Sub PB Klaster Kabupaten Jayapura

Jems

Tim Kemendagri cek kesiapan PON Papua

Bams

Klaster Mimika Menunggu Kepastian Anggaran PON

Bams

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News

Tokoh Lintas Agama Siap Sukseskan PON XX Papua

Bams

Kewenangan Sub PB PON Diserahkan

Bams

Sekda: PON XX Papua Harus Sukses

Bams