Pasific Pos.com
Headline Olahraga

PON Papua vs Jawa Timur pada Peresmian Venue PON XX

JAYAPURA – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua memastikan akan berlangsungnya laga ujicoba tim sepak bola PON Papua melawan tim PON Jawa Timur, pada acara peresmian venue PON, tanggal 20 Oktober 2020 mendatang.

Penegasan itu disampaikan Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda kepada wartawan usai melakukan rapat bersama KONI dan panitia peresmian venue di Kotaraja, Jayapura,.Senin (12/10).

Yunus mengatakan, sudah menyampaikan undangan kepada tim sepak bola PON Jawa Timur dan mereka bersedia hadiri acara peresmian Stadion Papua Bangkit dan sejumlah venue PON lainnya.

Tim sepak bola PON Jawa Timur, kata Yunus, bersedia meladeni tim PON Papua. “Duel kedua tim ini pasti menarik, kedua tim pernah menjadi juara sepak bola PON, dan bahkan calon juara PON XX tahun depan,” ujarnya.

Yunus mengaku, awalnya panitia sangat berharap tim Persipura uji coba dengan tim PON, tetapi manajemen tidak mengijinkan, sehingga kita mengundang tim PON Jawa Timur.

“Mereka (Jawa Timur) siap, sehingga kita akan siapkan semua kebutuhannya selama berada di Jayapura,” jelasnya.

Dikatakan, momen peresmian stadion Papua Bangkit menjadi stadion Lukas Enembe ini sebenarnya bagus untuk Persipura untuk hadir dan uji coba dengan tim sepakbola PON Papua, tetapi manajemen Persipura juga punya kebijakan lain, kita harus menghormatinya dan kita tidak memaksa.

“Laga uji coba sepak bola PON Papua dan Jawa Timur sudah pasti jadi, kita sudah lakukan komunikasi dan mereka sangat bersedia main di stadion kapasitaa 43 ribu orang itu,” katanya.

Sentara itu, Sekum KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan, laga uji coba tim sepak bola ini sangat penting, sehingga kita dapat mengukur kemampuan tim Papua

Apalagi, lawannya Jawa Timur, tim yang bakal menjadi rival Papua merebut medali emas PON XX Papua 2021.

“Laga uji coba sepak bola PON Papua vs Jawa Timur bagus untuk kita melihat sejauh mana kesiapan Papua yang sudah melakukan pemusatan latihan selama satu tahun ini,” jelasnya.

Kepastian Persipura batal berlaga di laga eksebisi pada peresmian stadion Papua Bangkit disampaikan oleh Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano.

Ia mengaku setelah mempertimbangkan beberapa faktor dalam rapat internal manajemen klub, dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, pengurus Persipura Jayapura belum bisa memenuhi permohonan KONI Papua untuk menggelar laga ujicoba tim PON Papua dengan Persipura Jayapura.

Artikel Terkait

Uji Coba Leg I : Papua Menang Tipis Atas PON Jatim

Bams

Eduard Ivakdalam : Tim Sepak Bola PON Masih Banyak Kekurangan

Bams

Sepak Bola PON Dilarang Berlatih di Lapangan Argapura

Bams