Pasific Pos.com
Headline

PON Papua Akan Dianggarkan Rp 2 Triliun

Jayapura, – Ketua Komisi V DPR Papua, Jack Komboy yang membidangi Olahraga mengatakan,penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua dianggarkan Rp sebesar Rp 2 Triliun.

Hanya saja lanjut Jack Komboy, dari PB PON menyatakan jika kemungkinan besar terjadi perubahan seiring waktu.

“Tapi saya berharap itu di rasionalisasi sehingga angka tepatnya itu berapa dan itu harus sesegera mungkin, karena ini kan kita hitung waktu,  kalaupun hari ini itu tinggal 362 hari,” kata Jack Komboy kepada Wartawan, usai mengikuti rapat.

Namun, Politisi Partai Hanura ini juga berharap agar bidang-bidang dalam PB PON segera merapikan hal tersebut karena pihaknya akan terus menanyakan progresnya setiap bulan.

“Ini supaya dari PB PON mereka terus bisa menyampaikan. Jadi kita harus bergerak terus karena apa yang di nanti-nantikan selama hampir lebih kurang empat tahun ini dan sekarang di tahun ke lima persiapan untuk penyelenggaraan,” jelasnya.

Dikatakan, dengan anggaran yang ada PB PON dapat segera bergerak mempersiapkan segala sesuatunya. Apalagi Oktober 2020 ini sudah semakin dekat. Sebab akan ada perubahan jumlah cabor.

“Makanya itu kami minta kalau bisa angka awal yang mereka sudah ketemu sekarang ada perubahan menjadi 37 cabor.  Saya kira mereka menyiapkan itu. Dan lakukan penyesuain-penyesuain  dalam perubahan cabor itu,” imbuhnya.

Namun kata Jack  Komboy, semua pihak mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan PON.

Sebab ungkap Jack,  jika berbicara PON, itu bicara harga diri Papua. Apalagi ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dan Papua sudah diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat untuk menjadi tuan rumah PON tahun 2020 mendatang.

“Ya mau tidak mau kita harus ikut mensukseskan ini dan itu harus jalan. Makanya yang kami minta itu supaya mereka bisa secepatnya memaparkan kepada kita. Bukan saja kepada Komisi V tapi seluruh anggota DPRP,” ujar Jack Komboy.

Diakui,  hingga kini sosialisasi PON  masih minim. Padaha peran sosialisasi itu sangat penting sekali, untuk itu harus ada promisi-promosi yang benar-benar masif,  sehingga masyarakat juga harus tahu seperti itu.

“Hari ini yang terjadi di luar kan seperti itu,  jadi kami mau menyampaikan, atau saya mau menyampaikan kepada seluruh peserta PON, bahwa di Papua ini aman dan kami sangat siap untuk menyelenggarakan PON  2020 di Bumi Cenderawasih ini,” tandas legislator Papua itu. (TIARA)