Pasific Pos.com
Papua Barat

Polres Manokwari Antisipasi Kenakalan Remaja dan Pencegahan Premanisme

Manokwari, TP – Jajaran Polres Manokwari terus melakukan upaya preventif untuk meminimalisir kenakalan remaja di wilayah hukum Polres Manokwari. Upaya ini dilakukan dalam Operasi Bina Kusuma Satu.

“Jadi, kita antisipasi terjadinya kenakalan remaja, sekaligus pencegahan premanisme,” kata Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto kepada Tabura Pos, Jumat (9/2).

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengadakan sosialisasi ke sekolah supaya tidak ada siswa yang melakukan tindakan menyimpang dan melanggar aturan sekolah.

Dikatakan Kasat Binmas, berdasarkan pengakuan sejumlah kepala sekolah yang dikunjungi, kenakalan remaja yang ditemukan masih sebatas membolos, termasuk ada yang melakukan palak-memalak.

Selain itu, Subiyanto mengaku, pihaknya juga mengunjungi mantan preman agar tidak menghasut para pelajar untuk melakukan tindakan kejahatan. Untuk itu, ia berharap keharmonisan yang sudah dirajut, bisa terus berlangsung.
Di samping itu, ia meminta peran pihak sekolah dan orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya.

Disinggung tentang langkah yang dilakukan pihaknya untuk meminimalisir kenakalan remaja, ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, salah satu upaya dengan menjadi inspektur upacara (irup) di setiap sekolah.

“Kami juga sedang berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari untuk MoU terkait pembinaan karakter generasi muda,” tukas Kasat Binmas. [BOM-R1]