Pasific Pos.com
Papua Selatan

Polmas Telah Dilaksanakan Di 114 Kampung

MERAUKE,ARAFURA,- Pemolisian Masyarakat (Polmas) telah dilaksanakan di 114 kampung dan kelurahan di wilayah hukum Polres Merauke sejalan dengan digelarnya program Bhabinkamtibmas. Pembentukan pilar Polmas sangat diperlukan, dalam rangka memantau pemolisian masyarakat di semua tingkatan dari tingkat kabupaten hingga tingkat kampung.

Wakapolres Merauke, Kompol I Nyoman Punia,S.Sos dalam sambutannya saat membuka diskusi dan refleksi 2 tahun pelaksanaan Polmas di tingkat kampung di wilayah Hukum Polres Merauke di Balai Kampung Kuper, Distrik Semangga, Kamis (8/2) mengatakan masing-masing pilar Polmas diperbolehkan melakukan inovasi sesuai pengalaman yang di miliki.

“Ada peluang, para Babinsa, Bhabinkamtibmas melakukan-melakukan inovasi. Tujuannya untuk menghilangkan tindak-tindak pidana yang terjadi di kelurahan atau kampung,”tukas Wakapolres.

Lanjut Wakapolres, pilar Polmas wadahnya sangat besar, karena ada Muspida di tingkat kabupaten, tokoh masyarakat, tokoh agama, perempuan, wartawan, perguruan tinggi dan bahkan LSM. Karena itu, peran pilar Polmas sangat penting dalam upaya mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.

“Tujuan Bhabinkamtibmas, Babinsa membantu meringankan seluruh warga masyarakat. Jangan sebaliknya kehadirannya justru memberatkan bahkan merugikan masyarakat.”ujarnya.

Menurut Wakapolres, dalam dua tahun terakhir, sudah muncul kampung-kampung yang sudah melaksanakan Polmas dan layak mendapatkan apresiasi dalam hal inovasi kegiatan Polmas. Itu menyangkut kemitraan dengan stake holder terkait, serta kerjasama yang baik dengan pemerintah setempat.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi terkait dengan pelaksanaan Polmas di tingkat kampung. Secara umum semua menyambut positif kegiatan Polmas, dimana dengan kehadiran pilar Polmas hal-hal yang mungkin akan terjadi bisa diantisipasi. Selain itu, kehadiran Linmas juga sangat penting dalam mendukung kegiatan Polmas di tingkat kampung.