Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Politisi Partai Nadem Kembali Lakukan Gebrakan Program Penyambungan Listrik Gratis

Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Papua, Jhony Banua Rouw, SE. (foto Tiara).

Jayapura : Setelah berhasil membuat program rehab rumah warga, Politisi Partai Nasdem DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE kembali membuat gebrakan baru yakni dengan membuat program penyambungan listrik secara gratis bagi warga yang khususnya kurang mampu namun belum terlayani listrik.

Kepada pers, Jhony Banua Rouw yang merupakan Ketua DPR Papua ini menjelaskan, jika penyambungan listrik gratis itu adalah salah satu program yang diusulkan oleh anggota dewan dari Partai NasDem.

“Hal tersebut untuk menjawab masyarakat kita yang sudah punya rumah, namun tidak mempunyai listrik, karena penyambungan listrik baru, selain mahal, tapi juga butuh pasangan meter dan tiang serta kabel masuk,” kata Jhony Banua Rouw ketika di temui sejumlaj awak media di ruang kerjanya, Kamis, 30 Juni 2022.

Pasalnya, kata Jhony Banua Rouw, dalam program rehab rumah, pihaknya telah menemukan banyak sekali rumah warga yang belum mendapat pasokan listrik.

Apalagi, beber Sekretaris DPW Partai Nasdem Provinsi Papua ini, ditemukan satu meteran listrik, digunakan untuk menyambung 2 – 4 rumah warga.

Lanjut dikatakan, artinya mereka ingin punya listrik, tapi untuk memasang pertama itu mereka butuh biaya, sehingga kita coba menjawab itu dengan program pemasangan listrik baru untuk masyarakat secara gratis.

“Ya, rekening listrik bulanan bayar sendiri, bukan pakai listrik gratis. Jadi disini kita hanya membantu penyambungannya saja secara gratis, tapi selebihnya untuk bulanannya warga tetap bayar sendiri,”jelas Jhony Banua, sehingga tidak salah kaprah.

Menurutnya, program pemasangan listrik gratis ini, untuk menjawab kebutuhan masyarakat terutama bagi warga yang rumahnya belum mendapat pasokan atau dialiri listrik.

“Dengan adanya listrik, maka anak-anak juga bisa belajar dengan baik, lebih banyak waktu untuk belajar, berkumpul dengan keluarga dan lainnya,” ucapnya.

Dijelaskan, bahwa dalam program pemasangan listrik gratis itu, adalah untuk kategori lsitrik bersubsidi.

Untuk itu, kata Jhony Banua, pihaknya menargetkan 500 unit meteran listrik. Namun diharapkan bisa bertambah seperti program rehab rumah yang ditargetkan 2000 unit pada tahun ini.

“Ya, kita berharap yang listrik ini bisa diikuti dan kita sedang berupaya untuk lampu-lampu jalan atau lingkungan, itu akan kita berikan juga agar lingkungan terang, aman dan nyaman untuk masyarakat kita,” harapnya.

Jhony Banua Rouw menambahkan, jika program ini mulai berjalan dan saat ini pihaknya sedang lakukan survey.

“Jadi masyarakat yang ingin mendapatkan sambungan listrik gratis itu, bisa langsung hubungi kita. Kita akan lakukan ini di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan sekitarnya. Dan bagi yang ingin mendaftar juga bisa langsung menghubungi 082398591999,” terangnya. (Tiara).