Pasific Pos.com
Kriminal

Polisi Tangkap Bandar dan Pengedar Ganja antar Provinsi

Jayapura,- Anggota Sat Narkoba Polres Narkoba Polres Jayapura Kota berhasil membekuk dua pengedar ganja antar provinsi, berinisial AK dan SW saat hendak menyeludupkan ganja kering melalui Kapal Penumpang milik PT Pelni di pelabuhan laut Jayapura, Jumat (16/2/18).

Dari tangan kedua pelaku polisi berhasil mengamankan barang 1,219 Kg yang dikemas di dalam dua karung beras kecil dan puluhan plastik bening berukuran sedang.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Robby Urbinas, mengungkapkan, penangkapakn kedua pelaku setelah anggota menerima informasi masyarakat. setelah didalami kedua pelaku ditangkap di tempat terpisah.

“Awalnya pelaku AK yang kami tangkap di pelabuhan saat hendak menaiki Kapal dengan tujuan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, setelah dikembangkan kami kembali berhasil mengangkap SW di Hamadi distrik Jayapura Selatan,” tuturnya saat menggelar pers rilis di lapangan apel Polres Jayapura Kota, Sabtu (17/2/18) siang.

Kata Gustav dari hasil pengembangan barang haram itu didapatnya kedua pelaku dari Papua New Guinea (PNG) dan rencana barang haram itu akan diedarkan di Sorong.

“Mereka (pelaku red) adalah Bandar dan akan mengecer ganja tersebut seharga Rp.2 juta di sorong,” ujarnya.

Sementara ditanyakan apakah kedua pelaku yakni AK dan SW apakah memiliki jaringan antara Negara? Kata gustav pihaknya melalui penyidik Sat Narkoba akan kembangkan lebih lanjut.

“Semua pelaku yang ditangkap merupakan warga Negara Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan ada pelaku lainnya yang merupakan warga Negara PNG dan kami akan kembangkan terus. Sementara untuk sasaran dari peredaran diduga ke kelangan para pelajar,” jelasnya.

Mantan Kapolres Jayapura ini pun menuturkan atas perbuatannya kedua pelaku dijerat dengan pasal 111 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 dengan ancamana 12 tahun penjara.